Emas Gain Tipis Terkait Reformasi Pajak AS

280457

Meskipun pada grafik harian tampak sentimen bearish yang kuat, tetapi nyatanya saat ini harga emas masih sideways.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas berayun tipis setelah mengalami pelemahan dalam dua sesi perdagangan. Imbal hasil Treasury turun kembali setelah penguatan baru-baru ini menumpulkan beberapa kilau emas, namun aset yang dianggap berisiko, seperti ekuitas AS, terus menarik beberapa investor.

Sementara itu, ekuitas AS sedang berada pada jalur yang bervariasi. Sedangkan dollar sendiri sedang berhenti dari rally-nya yang dekat dengan level tertinggi dua bulan, karena investor dan para pelaku pasar sedang menilai prospek reformasi pajak setelah salah satu senator AS dari partai Republik mengatakan bahwa hal tersebut justru dapat meningkatkan defisit.

Indeks S&P 500 naik 0.1% menjadi 2,531.42 pada pukul 12:05 siang waktu New York. Produsen mobil di S&P melonjak 1.7% pasca data mengindikasikan pasar otomotif AS mungkin meluas untuk pertama kalinya tahun ini. Indeks S&P 500 diperdagangkan dalam kisaran ketat mendekati level tertinggi sepanjang masa diikuti dengan Indeks acuan AS lainnya. Dolar melemah setelah menyentuh level tertinggi sejak Juli dan Imbal hasil Treasury 10-tahun turun menjadi 2.32%. Saham di Eropa beringsut lebih tinggi, menyusul perkembangan di Asia di mana saham Jepang ditutup pada level tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan tingkat ekuitas negara berkembang melonjak. Minyak bertahan di atas level $ 50 per barel.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis berada di area 1274. Posisi logam ini berada dekat dengan zona resisten 1274.92.

XAUUSD H1

Tampak dari chart tersebut bahwa semenjak awal pekan, logam kuning ini bergerak sideways dengan zona pergerakan terbatas. Terlihat jelas pula bahwa hingga saat ini harga masih berusaha mencoba untuk keluar dari zona sideways yang tergambar dalam teal green box tersebut. Meskipun pada grafik harian tampak sentiment bearish yang kuat, tetapi nyatanya saat ini harga emas masih sideways. Oleh karena itu sebelum adanya sinyal ataupun pergerakan yang jelas, maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun, ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah masih mencoba posisi Sell. Skenario masih sama dengan analisa sebelumnya yaitu dengan memperhatikan Support area 1267.83 yang akan dijadikan acuan entry poin kali ini. Jika level 1267.83 dapat dilewati dengan baik dan diiringi konfirmasi dari price action dan indikator teknikal, maka peluang Sell dapat dibuka. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah menerima konfirmasi dan validitas dari skenario ini. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan terus turun hingga 1263.14 atau bahkan 1257.20. Stop loss dapat ditempatkan di atas swing high terdekat.
  2. Sebagai alternatif, perhatikan level resistan 1274.92. Level ini seringkali diuji dan selalu gagal dalam upayanya sehingga menyebabkan harga kembali terpantul ke area support 1268-1270. Harga saat ini berada pada area 1274 dan sedang menguji level resistant ini. Jika market masih tetap sideways dan gagal pada level 1274.92 sehingga menyebabkan adanya potensi pembalikan harga, maka anda dapat mencoba posisi sell dibawah area 1274.92. Namun diperlukan konfirmasi dari price action dan indikator teknikal oscillator untuk mendapatkan kevalidan atas skenario ini. Stop loss maksimal dapat diletakkan 1279.20 dengan target pendek pada 1270 atau 1268.
  3. Namun, waspadai jika level 1281.15 tertembus. Jika level penting ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di atasnya, maka ada indikasi bahwa pair ini sedang rebound. Sehingga jika level tersebut tertembus tak terkonfirmasi, maka posisi Buy dapat dibuka dengan aman. Dengan kata lain, posisi Buy hanya dapat dibuka di atas level 1281.15. Melewati level ini akan membawa pair logam kuning ke level 1288. Stop loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1288
R2 : 1281.15
R1 : 1274.92
Pivot : 1271.45
S1 : 1267.83
S2 : 1263.14
S3 : 1257.20

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Solihin
hitungan yang akurat buat trding gold, selalu sukses ya pak.trims banyak sharingnya