OctaFx

iklan

Emas Kembali Berkilau Di Saat Dollar Melemah

Pelemahan Greenback membuat logam mulia ini kembali menguat, sehingga peluang Buy memungkinkan untuk diambil.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas Berjangka mencatakan rekor kenaikan tertinggi selama satu bulan pada perdagangan Jumat kemarin. Pada perdagangan pekan lalu pun Emas Berjangka telah membukukan keuntungan hampir 1.8% seiring dengan perkembangan terakhir dari penyelidikan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS mendorong dolar AS bergerak lebih rendah.

Emas menguat seiring ICE U.S. Dollar Index turun 0.3% menjadi 93.675 pada perdagangan Jumat. Indeks tersebut bersiap untuk mencatat penurunan mingguan sebesar 0.8%. Tekanan baru-baru ini untuk dolar dikaitkan dengan sebuah laporan di The Wall Street Journal hari Kamis yang mengatakan bahwa tim penasihat khusus Robert Mueller telah mengeluarkan sebuah surat perintah pengadilan kepada Presiden Donald Trump pada pertengahan Oktober. Mueller sedang menyelidiki apakah rekan-rekan Trump berkolusi dengan Rusia dalam pemilihan presiden AS yang lalu.

Sementara itu, Emas Berjangka melonjak $18.30, atau 1.4%, untuk menetap di level $1296.50 per ounce. Emas Berjangka, yang merasakan kenaikan persentase sesi tunggal terbesar sejak Mei, mencatatkan kenaikan mingguan hampir 1.8%, untuk kali kedua berturut-turut. SPDR Gold Trust yang diperdagangkan di bursa naik 1.2%, bersiap untuk kenaikan mingguan sebesar 1.5%.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1292. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin telah membuat logam kuning ini menguat hingga 1296.

XAUUSD H1

Pelemahan greenback pada pekan lalu membuat logam ini kembali berkilau hingga hampir mendekati level psikologis 1300. Secara teknikal pun, pair XAU/USD ini kini bersentimen beli yang sangat kuat. Indikator teknikal seperti RSI dan OsMA sedang berada pada zona beli. Sedangkan harga kini bergerak diatas garis tengah Bollinger Band yang menunjukkan sinyal bullish. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat digunakan untuk acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1292. Posisi harga saat ini sedang berhadapan dengan level resisten psikologis 1300. Level tersebutlah yang akan digunakan untuk entry point kali ini. Sehingga skenario utama yang dapat dicoba untuk hari ini adalah Buy. Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil diatasnya, maka posisi Buy dapat dengan aman dibuka. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka sejatinya pair XAU/USD akan melanjutkan pergerakan bullishnya hingga level 1308.42. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan kembali level support 1288. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi, maka pair XAU/USD ini akan melemah kembali. Dengan kata lain, posisi SELL dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1288. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1283.24

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1319.14
R2    : 1308.42
R1    : 1300
Pivot    : 1288
S1    : 1283.24
S2    : 1271.65
S3    : 1264.13

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.