Advertisement

iklan

Emas Kembali Bullish Namun Masih Tertahan Resisten Trendline

280878

Bias Emas masih netral dan masih menunggu data-data penting AS, terutama Non-farm Payroll, yang akan dirilis hari ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam kuning emas kembali melanjutkan pergerakan bullishnya pada perdagangan kemarin. Emas kembali naik hingga level 1284 seiring dengan kenaikan suku bunga pertama BoE dalam satu dekade terakhir. Di samping itu juga, emas merespon pergerakan korektif dollar yang disebabkan karena pembukaan rencana pajak dari Partai Republik.

Investor juga mengharapkan agar terpilihnya Gubernur Federal Jerome Powell untuk secara resmi menjabat sebagai orang nomor satu di bank sentral AS tersebut. Dia terlihat sebagai kandidat yang memiliki pandangan dovish; cenderung menunggu pengetatan tingkat bunga yang lebih substansial sampai inflasi bergerak lebih tinggi.

Emas tahan kenaikan karena investor mengkaji prospek Jerome Powell yang akan menjadi kandidat utama untuk ketua Federal Reserve tersebut.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan 0,1% lebih tinggi setelah sebelumnya naik sebanyak 0,5% menjadi $1281.49 per ons, tertinggi dalam sepekan, dan mengikuti kenaikan 0,3% pada hari Rabu. Indeks Spot Bloomberg Dollar turun sebanyak 0,4%, karena pedagang mengkaji prospek suku bunga dan dolar di bawah Powell, yang mendukung strategi pengetatan bertahap Janet Yellen saat ini.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1278. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam kuning ini menguat tipis hingga di atas level 1280 kembali.

XAUUSD H1

Hingga saat ini, harga kembali berkonsolidasi di kisaran harga 1274 hingga 1279. Harga saat ini sedang berkutat di sekitar resisten trendline pada grafik Daily. Logam ini menguji kembali level resisten trendline pada grafik Daily, sehingga menyebabkan pergerakan bullish menjadi dibatasi.

Indikator teknikal pada grafik H1 memberikan pembacaan sinyal yang bervariasi, sehingga belum dapat dipastikan arahan berikutnya yang jelas. Di samping itu, pada time frame besar seperti Daily, emas juga sedang berusaha menemukan jalannya agar dapat bergerak bebas kembali. Konsolidasi pasar ini juga disebabkan karena kini para investor juga sedang mengamati data-data AS saat ini dan juga mendatang, seperti yang pada waktu dekat ini adalah data upah perkerja nanti malam. Oleh karena itu, sebelum adanya pergerakan dan sinyal yang valid maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, ulasannya sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1278. Skenario utama yang dapat dicoba kali ini masih mencoba peluang Sell, karena pada hakekatnya logam kuning ini masih ditahan oleh resisten trendline. Sedangakan level support pada 1274.39 bekerja sebagai entry poin kali ini. Maka dengan demikian jika level tersebut dapat dilalui kembali dan diiringi dengan konfirmasi indikator teknikal dan  price action, maka sejatinya secara teknikal logam ini akan melemah kembali. Dengan begitu, posisi SELL dapat dibuka setelah mendapatkan konfirmasi atas breakout level 1274.39. Jika teknik breakout ini valid maka sejatinya pair ini akan kembali menuju level 1267.83. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.
  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan juga level resisten 1283.24. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi maka pair ini akan melanjutkan pergerakan bullishnya. Level ini juga dapat digunakan sebagai acuan level entry Buy. Jika harga mampu menembus level tersebut (menembus trendline pada grafik Daily) dan terkonfirmasi, maka ada indikasi bahwa logam ini rebound kembali. Dengan kata lain, posisi BUY dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1283.24. Stop loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat dengan take profit dapat diletakkan pada level 1288.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1295.17
R2 : 1288
R3 : 1283.24
Pivot : 1277.82
S1 : 1274.39
S2 : 1267.83
S3 : 1264.18

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.