Emas Kembali Mencatatkan Kenaikan Dan Melanjutkan Rally

281661

Pada grafik Daily tampak Emas telah melewati level Resisten 1281, sehingga memungkinkan untuk bergerak naik kembali.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas berjangka kembali mencatatkan kenaikan pada sesi perdagangan Rabu kemarin dan membuatnya mencetak rekor tertingginya untuk bulan ini. Emas kembali menguat walaupun tidak banyak hingga ke level 1289. sejak dibuka pada level 1283 pada awal perdagangan. Meskipun begitu, emas tetap berhasil mencetakkan rekor tertingginya dalam bulan ini.

Penguatan yang terjadi kemarin semakin memperpanjang rally emas yang terjadi saat ini dan membuat daya tarik logam dan komoditas lainnya meningkat di mata investor global untuk awal tahun 2018.

Emas berjangka Februari naik $3.90, atau 0.3%, untuk menetap di level $1290.40 per ounce. Emas menguat seiring melemahnya ICE Dollar Index yang turun 0.3% menjadi 92.99, sementara saham menunjukkan kenaikan yang moderat, berjuang untuk menghindari penurunan terlama dalam waktu sekitar tiga bulan. Emas, yang dibanderol dengan harga Dolar, tentu cenderung sensitif terhadap pergerakan nilai tukar mata uang.

Dari pandangan teknikal, seperti tampak pada grafik Daily di bawah, terlihat bahwa kini harga logam ini sudah mulai mempenetrasi level resisten 1281.15. Initial break candle yang terjadi pada tanggal 26 Desember lalu agaknya masih didukung dengan penutupan candle kemarin (27 Desember) yang masih berada di atas area tersebut, sementara indikator teknikal seperti RSI dan OsMA juga terlihat menguat. Apakah prospek pergerakan emas akan menuju resisten akhir (1300) untuk tahun ini dan menvalidasi pergerakan menjadi bullish? Kita lihat saja perkembangannya.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1287. Emas kembali menguat hingga area 1289 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Emas kembali menguat pada perdagangan kemarin sehingga memperpanjang rally-nya. Posisi emas saat ini sedang terhenti sejenak di sekitar level resisten 1288 yang mengindikasikan bahwa pedagang (buyer dan seller) sedang mengumpulkan tenaga. Indikator Bollinger Band dan RSI pada grafik Hourly di atas masih menggambarkan sentiment bullish, sementara indikator momentum OsMA menunjukkan keadaan bearish, yang berarti menunjukkan situasi bahwa pasar sedang beristirahat sejenak pasca rally-nya kemarin. Dengan demikian, melihat peluang yang ada, maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Buy masih sama seperti ulasan sebelumnya yaitu berada pada level resisten terdekat 1288. Jika harga kembali naik hingga berada di sekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka cari peluang Buy di sekitar area tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat hingga 1295.17 atau bahkan 1300. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level support 1281.15 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini dan dapat dicoba untuk peluang Sell. Level support kuat pada time frame Daily tersebut berpeluang untuk membawa emas melemah, jika mampu ditembus dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya. Sehingga peluang Sell dapat diambil pasca sinyal dari konfirmator breakout tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah tipis setidaknya hingga 1277.84. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1300
R2    : 1295.17
R1    : 1288
Pivot    : 1285.66
S1    : 1281.15
S2    : 1277.84
S3    : 1271.20

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.