OctaFx

iklan

Emas Kembali Menguat Pasca Rilis Notulen FOMC

281165

Emas kembali menguat pasca rilis Notulen FOMC, sehingga membuat bias Intraday menjadi Bullish.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Emas berjangka kembali menguat pada perdagangan kemarin. Emas menetap dengan penguatan tajam pada hari Rabu, mendapatkan dorongan dari pelemahan Dolar AS, dengan ICE U.S. Dollar Index diperdagangkan berada di dekat posisi terendah sesi.

Harga logam mulia emas ini kemudian tertahan di dekat level tertinggi dalam sepekan, setelah rilis notulen FOMC awal bulan ini. Notulen menunjukkan bahwa peluang kenaikan suku bunga jangka pendek tetap mungkin untuk dilakukan. Namun, para pejabat terkait juga menyatakan lebih banyak kekhawatiran tentang inflasi yang terus-menerus rendah, yang mana menjadi pertanda bahwa bank tersebut mungkin tidak akan se-agresif seperti perkiraan sebelumnya pada 2018.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1290. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam ini menguat tipis hingga level 1294.

XAUUSD H1

Secara teknikal, keadaan pasar logam kuning ini pasca rilis notulen FOMC semalam menunjukkan momentum bullish. Terlihat pada grafik hourly, sentiment beli terasa sangat kuat. Indikator RSI berada di atas level 50 dan OsMA sedang berada di area positif, yang berarti keduanya mempunyai sentimen bullish. Sedangkan harga sendiri juga sedang bergerak di atas garis tengah Bollinger Band yang juga mendukung pergerakan bullish saat ini.

Ditambah lagi dengan posisi harga saat ini yang dekat dengan kunci untuk pergerakan bullish selanjutnya, yaitu level psikologis 1300, yang mana jika level tersebut mampu dilalui maka emas akan melanjutkan reli-nya kembali. Oleh karena itu, melihat peluang dan kemungkinan yang ada maka skenario yang dapat digunakan sebagai acuan untuk trade kali ini adalah BUY.

Adapun scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini yang berdekatan dengan level resisten 1295.17 sebelum menuju resisten kunci 1300. Skenario utama hari ini adalah dengan mencoba peluang Buy pada kedua level tersebut. Jika harga berhasil menembus level 1295.17 dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil diatasnya, maka posisi Buy dapat dengan aman dibuka. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout 1295.17 ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan menguji level psikologis 1300 terlebih dahulu.
    Jika terdapat dorongan lebih hingga level 1300 juga dapat dilalui, maka anda dapat menggeser SL level anda keposisi profit atau membuka posisi Buy kembali diatas level 1300 setelah mendapat konfirmasi breakout tersebut dengan target selanjutnya pada 1308.42. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Untuk skenario kedua, perhatikan juga level support 1288. Level tersebutlah yang akan digunakan untuk entry point Sell. Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka posisi Sell dapat dengan aman dibuka. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan kembali melemah hingga level 1283.24. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1308.42
R2    : 1300
R1    : 1295.17
Pivot : 1288
S1    : 1283.24
S2    : 1277.82
S3    : 1271.65

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.