Emas Kembali Menguji Level Psikologis 1300

Emas kembali menguat pada level 1300, sehingga membuat bias intraday menjadi bullish.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga logam mulia emas bergerak lebih tinggi pada perdagangan Senin kemarin. Pergerakan yang disebabkan oleh tergelincirnya Dollar pada perdagangan Senin, karena pasar finansial melihat potensi perkembangan penting di pekan ini mengenai perubahan pajak serta kebijakan suku bunga. Semenjak itu, emas diperdagangkan di sekitar area psikologis 1300.

Emas berjangka naik sekitar $7.10, atau 0.6%, untuk berakhir di $1.294.40 per ons, setelah membukukan penurunan mingguan sebesar 0.7%. Emas lalu diperdagangkan,lebih tinggi kembali hingga berada di kisaran $1.299.90.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1295. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam ini menguat hingga kisaran 1299.

XAUUSD H1

 

Secara teknikal, emas saat ini sedang berkonsolidasi kembali pasca rebound yang membawa logam ini menguji level psikologis 1300. Indikator teknikal pada grafik hourly di atas saat ini menunjukkan pembacaan sinyal konsolidatif yang bervariasi, namun dengan sentimen yang cukup jelas bahkan untuk grafik per-jam, yaitu bullish.

Dorongan yang terjadi akibat kekhawatiran para investor terhadap prospek greenback telah membuat logam ini untuk kesekian kalinya menguji kembali level psikologis 1300. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memulai skenario Buy, level 1300 masih menjadi sorotan untuk entry poin Buy kali ini. Selain sebagai level untuk entry poin kali ini, level ini juga memegang kunci untuk pergerakan emas selanjutnya dalam jangka panjang. Jika harga berhasil menembus level 1300 dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di atasnya, maka posisi Buy dapat dengan aman dibuka. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout 1300 ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan menuju level selanjutnya 1308.42. Stop Loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.
  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan juga level support 1288. Jika ternyata harga terpantul kebawah kembali hingga di area 1288, maka ada indikasi logam ini akan melemah kembali. Level tersebutlah yang akan digunakan untuk entry point Sell. Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya, maka posisi Sell dapat dengan aman dibuka. Oleh karena itu, posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka sejatinya logam kuning ini akan kembali melemah hingga level 1283.24. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1314.54
R2    : 1308.42
R1    : 1300
Pivot  : 1295.17
S1    : 1288
S2    : 1283.24
S3    : 1277.82

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Satria
Mau Tanya Pak. Saya punya Open sell 4 di 1265, 1271, 1277 & 1289..Langkah terbaik apa yg harus saya lakukan Untuk mengamankan transaksi..
Erik Tri Cahyo
Untuk Satria,

Anda mempunyai 4 posisi pada harga 1265, 1271, 1277 dan 1289. Lalu pertanyaannya, apa yang sebaiknya anda lakukan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya mari ditelaah dulu posisi anda saat ini. Untuk mempermudah perhitungan saya anggap anda telah memahami cara menghitung profit/loss dari contract size XAU/USD ini. Saya asumsikan anda memasang posisi 1 lot untuk setiap posisi dan memakai harga running saat ini pada 1294 maka kerugian anda adalah :
  • Sell 1 lot pada harga 1265, maka profit anda saat ini adalah -$2900
  • Sell 1 lot pada harga 1271, maka profit anda saat ini adalah -$2300
  • Sell 1 lot pada harga 1277, maka profit anda saat ini adalah -$1700
  • Sell 1 lot pada harga 1289, maka profit anda saat ini adalah -$500
  • Jadi total profit anda saat ini adalah -$7400
Dengan melihat kondisi trading anda saat ini, maka saya berasumsi bahwa anda bertrading tidak menggunakan strategi trading dan money management yang benar sehingga anda memberanikan diri untuk bertrading tanpa Stop Loss (atau anda memasang SL dengan range yang lebar?)

Lalu apa yang sebaiknya anda lakukan? Anda sebaiknya bersihkan semua posisi anda dengan menutupnya terlebih dahulu lalu anda pelajari lagi tentang money management sebelum memulai trading kembali. Saya asumsikan kembali bahwa anda trading dengan modal $10000, maka jika anda realisasikan loss saat ini (pada harga 1294 seperti contoh yang saya berikan diatas) maka anda masih memiliki balance sebesar : $10000 - $7400 = $2600.

Setelah anda membersihkan semua posisi tersebut, sebaiknya anda mempelajari strategi trading yang sesuai untuk anda. Strategi trading yang baik bukanlah strategi yang selalu profitable dan akurat melainkan strategi yang profitable untuk jangka panjang. Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan profit jangka panjang maka penerapan money management yang benar sangat mempengaruhi. Money management yang dapat membuat akun trading kita berkembang adalah penerapan risk:reward yang lebih besar dari 1:1.

Setelah anda menemukan strategi trading yang cocok untuk anda, anda dapat men-test nya terlebih dahulu pada backtest atau forward test pada akun demo. Setelah anda merasa bahwa dari hasil test tersebut dapat meraih profit konsisten maka anda dapat bertrading kembali pada akun real anda dengan modal $2600 yang tersisa tersebut.

Selalu ingat dan patuhi segala peraturan dan strategi yang telah anda tetapkan, semoga bisa membantu.

Terima kasih