OctaFx

iklan

Emas Kembali Sideways Di Sekitar Level Area 1277

Harga Emas masih tertahan di area 1277, sehingga membuat bias masih netral.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas berjangka tak bergerak banyak pada perdagangan kemarin. Dari awal pembukaan hingga sesi penutupan pun logam ini masih berada di sekitar level kunci 1277. Emas berjangka turun tipis pada awal perdagangan, namun masih di sekitar level yang belum berubah, mengikuti indeks dollar dan indikator saham yang menguat, sehingga mengisyaratkan pasar ekuitas akan rebound dari penurunan indeks 138 poin sehari sebelumnya.

Harga emas membukukan kenaikan kecil pada hari Kamis, seiring data ekonomi AS memberikan ketidakpastian mengenai jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve, sementara rebound di ekuitas AS membuat logam mulia emas ini berada dalam kisaran perdagangan yang sempit.

Harga emas sempat menambah kenaikan sebelumnya, setelah data ekonomi menunjukkan pelemahan ekonomi AS. Meski tidak sampai pada tingkat yang diharapkan, namun ini dapat membuat Federal Reserve mempertimbangkan kembali rencana menaikkan suku bunganya pada bulan Desember nanti.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1278 dan masih berada pada level area 1277 hingga 1279 (pink area).

XAUUSD H1

Harga emas tidak bergerak banyak pada perdagangan kemarin. Secara teknikal pun, pair XAU/USD ini masih berbias netral. Semua indikator teknikal (RSI, OsMA, dan Bollinger Band) baik pada frame daily maupun hourly masih belum menunjukkan sentimen yang jelas. Ditambah lagi dengan harga yang kini masih terikat dengan level kuat saat ini pada 1277 hingga 1279, membuat konsolidasi logam kuning ini masih berlanjut. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, berikut ulasannya:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1278. Pada saat analisa ini ditulis, harga masih berupaya untuk keluar dari level support area 1277.82. Level tersebutlah yang akan digunakan untuk entry point kali ini. Sehingga skenario utama yang dapat dicoba untuk hari ini adalah Sell.

    Jika harga berhasil menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya, maka posisi Sell dapat dengan aman dibuka. Gunakan indikator teknikal dan penerapan price action untuk mengkonfirmasi breakout tersebut. Atau, anda juga bisa mencari peluang Sell di sekitar level 1277 hingga 1279. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry dan terkonfirmasi. Jika skenario ini valid, maka sejatinya pair XAU/USD akan melemah kembali hingga level 1271.65. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan kembali level resisten 1283.24. Sama seperti skenario sebelumnya yang mencoba kembali peluang Buy pada level tersebut jika level 1283.24 tertembus. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi, maka pair XAU/USD ini akan kembali mencoba naik. Dengan kata lain, posisi BUY dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1283.24. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1288.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade! 

R3    : 1295.17
R2    : 1288
R1    : 1283.24
Pivot    : 1277.82
S1    : 1271.65
S2    : 1267.83
S3    : 1264.13

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Herry
maksudnya terkonfirmasi tu gimana ya maklum saya pemula om
Erik Tri Cahyo
Untuk Herry,

"Terkonfirmasi" yang dimaksud di sini adalah memastikan apakah harga benar-benar mampu menebus (break) suatu level tertentu atau tidak.  Ini perlu dilakukan agar terhindar dari breakout yang palsu atau fakeout.

Jika harga telah melewati level support atau resisten tertentu, untuk mengetahui apakah harga akan break atau hanya sekedar menyentuh saja lalu rebound kembali adalah dengan menunggu. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari fakeout.

Cara sederhana untuk mengkonfirmasi suatu breakout adalah menunggu hingga breakout benar-benar valid. Memang ini terkesan membosankan dimata trader agresif, tapi disadari atau tidak ini adalah cara yang mudah dan aman agar akun trading tidak terkikis akibat dari salah posisi yang disebabkan dari harga hanya retest saja.

Jika anda melihat harga akan menembus level resisten atau support, maka tunggu hingga harga benar-benar ditutup diatas resisten atau dibawah support terlebih dahulu. Lalu tunggu kembali setidaknya satu candle lagi, dan perhatikan harga penutupan dan pola candle nya. Jika harga masih bertahan diatas resisten atau dibawah support pasca breakout dan diiringi price action & indikator teknikal yang sejalan, maka breakout dianggap valid dan aman untuk entry.

Untuk memudahkan pemahaman, perhatikan grafik hourly XAU/USD tanggal 15 November kemarin:



Sesuai dengan analisa emas pada tanggal 15 November tersebut, yakni dengan mencoba skenario utama BUY pada level resisten 1283.24. Berikut langkah-langkah mengkonfirmasi breakout dan entry point nya:
  • Tampak bahwa candle harga telah mempenetrasi level resisten pertama 1283.24 lalu ditutup diatasnya dan indikator teknikal bersentiment bullish level (Blue circle). Candle ini disebut Initial Breakout.

  • Lalu tunggu penutupan dan price action candle berikutnya.

  • Candle pertama pasca Initial Breakout tersebut ternyata masih ditutup diatas level 1283.24, dan diiringi dengan sinyal pinbar (rejection) pada level tersebut ditambah lagi dengan indikator teknikal RSI dan OsMA yang memberikan pembacaan bullish akan semakin memperkuat kemungkinan breakout ini.

  • Jika telah menemukan kevalidan dan konfirmasi breakout, entry dapat dilakukan pada candle berikutnya (candle kedua pasca initial break jika pada gambar / panah biru).

  • Entry dapat dilakukan pada pembukaan candle pasca mendapat konfirmasi breakout (panah biru) dengan penempatan stop loss pada swing low terdekat atau level support terdekat dan take profit pada resisten terdekat.

  • Jika breakout dinyatakan valid, maka sejatinya pair XAU/USD ini akan mencari level resisten selanjutnya. Terbukti dalam beberapa jam kedepan pair XAU/USD ini menyambar Take Profit pada level resisten diatasnya.

  • Namun jika masih belum menemukan pertanda yang jelas, anda dapat mengulangi langkah ke 2 atau tidak usah entry.
Itulah cara termudah untuk memastikan apakah harga benar-benar melewati level tertentu atau hanya sekedar retest saja. Kesabaran dan ketelitian memang menjadikan kunci utamanya.

Semoga bisa membantu, Terima Kasih.