Emas Masih Bertahan Di Level Terendahnya

Menjelang rilis data Nonfarm Payroll besok, harga Emas bergerak sideways dekat level terendah sekitar 1263.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas stabil di dekat level terendah pada area sekitar 1263, seiring investor masih mempertimbangkan dampak dari RUU Pajak AS dan jalur kenaikan suku bunga Federal Reserve. Meski sempat mencoba untuk rebound tipis, namun bull emas gagal mempertahankan upayanya, sehingga logam ini kembali lagi berada di sekitar level terendahnya.

Di samping emas secara teknikal memang tertahan oleh support area, emas sepertinya masih menunggu momentum fundamental untuk dapat melanjutkan pergerakannya. Agenda fundamental penting yang perlu diperhatikan pertama pada bulan ini adalah laporan NFP yang akan dirilis esok. Laporan tersebut akan menjelaskan keadaan ekonomi AS dan hubungannya dengan prospek kenaikan suku bunga.

Agenda kedua adalah momentum kenaikan suku bunga pada pekan depan. Kemungkinan terjadinya kenaikan suku bunga sangat tinggi, mengingat optimisme para pejabat The Fed. Jika memang suku bunga akan naik pekan depan, maka ini akan menjadikan kenaikan suku bunga yang ketiga pada tahun ini.

 

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1264. Secara teknikal, emas pada bergerak sideways pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Seperti yang terlihat pada grafik Hourly tersebut, tampak bahwasannya tekanan bearish masih kuat. Sejatinya, fase konsolidatif selalu terjadi jika emas sedang dihadapkan pada level penting, dalam hal ini level support kuat.

Pergerakan terbatas emas nampaknya dikarenakan karena para investor sedang mewaspadai beberapa momentum penting pada bulan ini. Oleh karena itu, emas nampaknya masih menunggu momentum fundamental tersebut sebelum dapat menentukan pergerakannya. Momentum fundamental terdekat yaitu laporan Payroll yang dirilis Depnaker AS esok. Kemungkinan emas akan tetap bergerak sideways menjelang laporan NFP tersebut. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias intraday kali ini adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya :

  1. Skenario utama untuk hari ini adalah masih mencoba peluang Sell. Peluang Sell kali ini masih sama dengan analisa sebelumnya yaitu dengan mencoba breakout support level kuat 1263.14. Level support kunci tersebut berulang kali diuji pada time frame daily, sehingga level tersebut bekerja sebagai level support kuat saat ini. Menembus level support kuat akan berpotensi untuk membuka pergerakan selanjutnya, dalam hal ini bearish. Jika level tersebut pecah sehingga harga bergerak stabil dibawahnya dan diiringi konfirmasi dari price action dan indikator teknikal, maka pair ini akan melemah kembali. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka setidaknya logam kuning ini akan menguji level support selanjutnya pada 1257.10 atau bahkan 1249.42. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Level support 1263.14 tersebut juga dapat digunakan sebagai acuan entry Buy. Layaknya support kuat, jika breakout gagal maka harga akan rebound kembali. Dengan memanfaatkan bounce pada level tersebut entry Buy dapat diambil. Oleh karena itu, sebagai antisipasi jika breakout gagal maka cari peluang Buy disekitar level tersebut yang terkonfirmasi. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat memudahkan anda untuk mencari peluang entry tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario bouncing ini valid maka logam ini akan rebound tipis setidaknya menuju level 1267.72 atau bahkan menyentuh 1274.43. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat atau maksimal pada level area 1257.10 dengan risk:reward minimal 1:1.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1277.84
R2    : 1274.73
R1    : 1267.72
Pivot    : 1263.14
S1    : 1257.10
S2    : 1249.42
S3    : 1240.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Yutanto
apakah saat ini waktu yg tepat untuk membeli emas. Tks
Erik Tri Cahyo
Untuk Yutanto,
Secara teknikal, memang emas sedang berada di support level area 1245-1240 yang memungkinkan untuk beli (bounce) atau jual (sell).

Namun secara fundamental, walau saat ini kemungkinannya sangat besar untuk kenaikan suku bunga sehingga sangatmemberatkan emas, tapi bisa saja kejadiannya berbeda sehingga menyebabkan emas pulih kembali. Sehingga untuk saat ini hingga hari kamis esok status emas masih wait and see.

Jika anda memang hendak ingin membeli (buy), lebih amannya anda menunggu hasil dari keputusan The Fed tersebut. Jika suku bunga jadi naik, secara teknikal emas akan menuju area support selanjutnya pada area kisaran 1200-1208. Anda dapat mempertimbangkan area tersebut untuk mencari peluang buy yang aman.

Namun jika kenyataannya berbeda, emas akan pulih setidaknya hingga area 1263-1280

Semoga bisa membantu,Terima Kasih.