OctaFx

iklan

Emas Masih Tertahan Resisten Area 1320, Peluang Reversal Semakin Besar

281849

Tertahannya Emas Pada Area Resiaten Dan Kemunculan Candle Doji Telah Membuat Emas Berpeluang Akan Terkoreksi Secara Teknikal.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Harga emas tak bergerak banyak dan berakhir sedikit lebih rendah pada Senin ini, sehingga mencatatkan penurunan pertama mereka setelah mencatatkan rekor kenaikan beruntun sebanyak 11 kali. Kekuatan dolar AS akhirnya kembali memberi tekanan pada harga logam kuning ini.

Para investor dan pelaku pasar kini sedang menunggu pembacaan utama mengenai inflasi AS yang akan dikeluarkan akhir pekan ini untuk mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga Federal Reserve tahun ini. Emas Februari turun $1.90, atau 0.1%, untuk berakhir dikisaran $1320 per ons.

Sementara itu, dari tinjauan teknikal, emas masih terlihat bergerak konsolidatif. Pada grafik daily berikut juga tampak bahwasanya emas masih tertahan pada resisten 1321.69. Indikator teknikal juga telah memasuki area overbought yang mana akan memungkinkan untuk terjadinya reversal. Ditambah lagi dengan kemunculan candle doji pada perdagangan kemarin dekat dengan level resisten yang biasanya akan memperkuat indikasi reversal ini.

XAUUSD Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1319. Emas masih bergerak sideways dengan range yang terbatas pada sesi perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

Emas mulai terlihat untuk bergerak sideways semenjak tertahan oleh level resisten. Level resisten yang berada dikisaran range 1319-1322 (area biru) telah membuat pergerakan emas menjadi tertahan sejenak dan menjadikan sesi perdagangan yang terbatas. Selain didukung dari kondisi teknikal, yang mana saat ini indikator teknikal cenderung memberikan pembacaan sentimen yang netral, tetapi juga didukung oleh aksi profit taking dari para investor seiring dengan sedikit pulihnya dolar AS. Ditambah lagi dengan kewaspadaan para investor dalam mengantisipasi data inflasi AS akhir pekan ini sehingga menyebabkan perdagangan menjadi lambat. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk trade hari ini adalah NETRAL.

Namun masih ada scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama hari ini yaitu mencoba peluang Buy kini berada pada level resisten 1322.66. Masih sama dengan ulasan analisa sebelumnya yang mana level ini belum mampu dilewati, maka level tersebut masih menjadi acuan entry kali ini. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali melanjutkan rally-nya setidaknya hingga menguji level 1329.13. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan level 1322.66 tersebut juga digunakan sebagai skenario alternatif Sell. Perhatikan pola pergerakan harga jika ternyata harga tertahan pada level area tersebut. Jika harga tertahan dan berkutat disekitar area resisten tersebut, maka cari peluang Sell yang terkonfirmasi disekitar area tersebut. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat mempermudah anda mencari entry poin. Sehingga peluang Sell dapat diambil pasca sinyal dari konfirmator bouncing tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika bounce level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini tertolak pada level 1322.26, maka logam ini melemah kembali hingga 1314.54 atau bahkan 1308.42. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat atau maksimal pada area 1329.13 dengan tetap mempertimbangkan risk:reward minimal 1:1.

  3. Sedangkan sebagai rencana alternatif, jika harga langsung melemah menuju 1314.54 tanpa menguji level resisten terlebih dahulu, maka posisi Sell juga bisa diambil. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level 1314.54 maka logam ini akan terkoreksi kembali minimal pada level 1308.42. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1339.37
R2    : 1329.13
R1    : 1322.66
Pivot: 1319.22
S1    : 1314.54
S2    : 1308.42
S3    : 1300


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.