Advertisement

iklan

Emas Masih Uptrend Pasca Data NFP Yang Mengecewakan

Secara teknikal pada chart weekly, pair XAU/USD masih dalam keadaan Beli yang valid. Harga bergerak di atas garis tengah Bollinger Band dan indikator teknikal RSI dan OsMA masih berada di area positif.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Logam mulia emas sempat melonjak sesaat pasca rilis data pekerjaan yang lebih rendah dari perkiraan analis pada Jumat kemarin. Perekonomian AS telah menciptakan setidaknya 156.000 pekerjaan baru pada bulan Agustus lalu, yang ternyata masih di bawah angka perkiraan. Sementara tingkat pengangguran di Negeri Paman Sam tersebut naik menjadi 4.4% dari sebelumnya hanya 4.3%.

Rilis data ekonomi yang ternyata lebih buruk dari yang diperkirakan tentu membuat greenback lemah dibanding rival-rival nya, termasuk logam mulia emas. Emas berjangka diperdagangkan 0.8% lebih tinggi hingga ke level 1330 dibandingkan dengan harga sebelumnya pada 1323 menjelang rilis data tersebut.

Rilis data yang lebih rendah tentu dapat mendukung pergerakan save haven karena bisa diartikan bahwa rilis data yang rendah dapat mengindikasikan syarat bagi The Fed untuk menunda kenaikan suku bunganya pada tahun ini. Menurut Naeem Aslam, kepala analis di Think Market UK, mengatakan bahwa Emas bersiap untuk level yang lebih tinggi dan mungkin akan menyentuh level 1370 pada waktu dekat seiring bertahannya keraguan atas plafon utang AS dan reformasi perpajakan, serta memburuknya ketegangan geo-politik.

Logam kuning pada permulaan pekan ini dibuka lebih tinggi dari penutupan pekan lalu. Dengan pembukaan yang lebih tinggi ini membuatnya mempenetrasi jauh meninggalkan level kunci 1300, yang mana level tersebut yang akan membuka peluang bearish bagi emas. Secara teknikal pada chart weekly, pair XAU/USD masih dalam keadaan Beli yang valid. Harga bergerak di atas garis tengah Bollinger Band dan indikator teknikal RSI dan OsMA masih berada di area positif yang menunjukkan keadaan bullish.

Secara keseluruhan, emas masih dalam keadaan yang solid untuk tetap dapat terus bersinar, selama support 1300 masih terjaga dengan baik.

XAUUSD Weekly


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga saat ini berada pada level 1335. Pembukaan yang lebih tinggi dari penutupan kemarin membuat logam ini dapat menembus level 1330.20 dengan mudah. Selama logam kuning ini dapat mempertahankan eksistensinya di atas level tersebut, maka pintu untuk membawa XAU/USD ke level yang lebih tinggi masih terbuka lebar.

XAUUSD H1

Dari chart tersebut tampak bahwa level selanjutnya berada pada 1339.37 (Fibonacci Expansion 161.8). Indikator teknikal OsMA pada chart H1 menunjukkan sentimen bullish karena berada pada area positif. Sementara indikator teknikal RSI berada pada area overbought yang patut diwaspadai karena kemungkinan akan membuat pair ini terkoreksi atau sideways untuk beberapa saat ke depan. Oleh karena itu, berdasarkan peluang yang dapat dijadikan acuan trade kali ini, maka skenario untuk trade hari ini adalah BUY.

  1. Perhatikan harga saat ini kisaran 1335. Gold pada pembukaan sesi hari ini dibuka lebih tinggi mempenetrasi level 1330.20. Untuk dapat mempertahankan sentimen bullish, maka pair ini harus berada tetap di atas level 1330.20. Sedangkan level yang akan membuka peluang pergerakan emas agar dapat melaju lebih lagi berada pada level 1339.37. Maka perhatikan level 1339.37 tersebut sebagai level konfirmasi untuk peluang Buy. Jika emas terdorong naik hingga melewati level ini dan terkonfirmasi sehingga stabil bergerak di atasnya, maka sejatinya emas akan mencari level 1348.15 sebagai target selanjutnya. Anda dapat entry buy di atas level 1339.37 tersebut setelah terkonfirmasi dengan stop loss ditempatkan beberapa poin di bawah swing low terdekat.
  2. Namun waspadai indikator RSI yang sedang overbought sehingga menunjukkan kemungkinan XAU/USD akan terkoreksi untuk beberapa saat ke depan. Perlu diingat bahwa korektif yang valid hanya berada di bawah level 1330.20. Selama harga masih stabil di atas level tersebut, maka tidak ada pelung Sell yang valid. Jika telah terkonfirmasi, maka peluang Sell dapat diambil dengan target setidaknya hingga 1321.84 dengan stop loss berada di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1348.15
R2 : 1339.37
R1 : 1330.20
Pivot : 1321.84
S1 : 1315.95
S2 : 1308.40
S3 : 1300

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Proz
untuk konfirmasi open posisi bagusnya TH brp ya master?
Erik Tri Cahyo
Mungkin maksud anda adalah TF (Time Frame). Untuk konfirmasi dapat menggunakan time frame yang biasa anda gunakan acuan dalam trading anda. Anda dapat menggunakan timeframe tinggi untuk melihat pergerakan garis besar dan timeframe rendah sebagai konfirmator. Untuk bias intraday biasanya menggunakan time frame minimal H1. Semoga membantu, trims.
Proz
trimakasih jawabannya master