Emas Naik Terbatas Pasca Pidato Janet Yellen Di Jackson Hole

Melihat pernyataan dari Ketua The Fed pada symposium kemarin dan didukung indikator teknikal pada timeframe weekly, maka peluang untuk trade kali ini adalah BUY.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Kilau emas sempat memudar pada sesi perdagangan Asia dan Eropa Jumat kemarin, seiring dengan investor dan pelaku pasar menanti dan mengamati pidato penting dari para petinggi bank sentral. Emas berjangka malah sempat merosot hingga ke level 1275-an pada hari Jumat kemarin, karena pidato dua orang penting petinggi bank sentral yang akan berpotensi menggerakkan pasar.

Setelah sempat menyentuh level terendah harian, logam kuning ini kembali meroket hingga level 1290-an pasca pidato yang disampaikan Janet Yellen pada Jackson Hall Symposium. Harga emas naik pada hari Jumat, menemukan dukungannya seiring penurunan dolar AS ke level terendahnya tiga minggu setelah Ketua Federal Reserve AS ternyata tidak membahas kebijakan moneter di simposium Jackson Hole, Wyoming.

Indeks S&P 500 naik 0.3 persen menjadi 2,445.43 pada pukul 12:08 siang Di New York, menuju kenaikan mingguan sebesar 0.8 persen. Indeks S&P 500 memangkas kenaikan sebelumnya dan aset haven dari emas hingga Yen berbalik menguat. Indeks Nasdaq Composite melemah setelah perkiraan mengecewakan dari Broadcom Corp membebani saham semikonduktor. 

Secara keseluruhan, logam kuning ini sebenarnya mendapat dukungan yang penuh hampir dari segala aspek. Baik dari segi geo-politik, ketidakpastian pasar global, hingga isu mengenai Fed Rate Hike yang belum berakhir, akan terus mendukung emas untuk tetap bersinar. Dari pandangan teknikal pun juga memberikan gambaran yang jelas mengenai prospek logam mulia ini.

Perhatikan chart weekly berikut ini. Tampak bahwa selama dua pekan berturut logam ini selalu bertolak sehingga membentuk Pin Bar pada level Fibonacci Retracement 61.8 (1279.42). Ini menunjukkan bahwa sebenarnya logam ini dijaga dengan baik oleh level Support tersebut, sehingga untuk menemukan pergerakan bearish yang valid maka ada syarat mutlak penutupan candle mingguan di bawah level tersebut dan terkonfirmasi.

Hal ini juga didukung dengan indikator teknikal RSI dan OsMA yang menunjukkan signal beli. Namun demikian, level resisten psikologis pada 1300 tentu menjadi hambatan bagi pair ini untuk melancarkan pergerakan mulusnya. Sehingga dengan kata lain, logam kuning ini masih bergerak dalam range yang sangat terbatas selama level resisten tersebut belum dapat dilalui.

XAUUSD Weekly


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Jika dilihat dari frame yang lebih kecil, tampak bahwa selama ini harga masih belum menemukan pergerakan yang jelas, alias masih dalam koridor sideways.

XAUUSD H1

Logam ini masih berkutat dalam range Support dan Resistant yang sama. Meskipun sempat terhempas dari level resisten (1294) hingga terperosok ke level support (1275), bukan berarti membuat logam ini menemukan jalannya. Emas malah terpantul naik kembali dari level terendahnya ke level di mana logam ini terhempas, sehingga membuat pergerakan menjadi sideways kembali.

Harga saat ini (1292-1293) sedang menguji resisten di 1294.93 sebelum dipertemukan kembali dengan level 1300. Melihat kondisi geo-politik saat ini, pernyataan dari Ketua The Fed pada symposium kemarin dan didukung oleh indikator teknikal pada timeframe weekly, maka peluang yang dapat dicoba untuk trade kali ini adalah BUY.

Beberapa skenario dan acuan yang dapat digunakan sebagai entry poin adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan harga saat ini pada 1292-1293. Secara keseluruhan market saat ini masih sideways. Saat analisa ini ditulis, logam ini sedang menguji resistant 1294.93. Perhatikan level resistant 1294.93 tersebut! Jika level ini dapat dilewati dan terkonfirmasi, maka pair ini akan menguji level 1300 kembali. Sehingga dengan kata lain, posisi Buy dapat dibuka di atas level 1294.93 dengan target terdekat pada 1300 atau untuk target panjang dapat ditempatkan pada 1309.13. Stop loss bisa diletakkan beberapa poin di bawah swing low terdekat.
  2. Sebagai alternatif, jika logam ini malah mendapat tekanan, maka pastikan level 1287.99 dapat ditembus dengan baik. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka posisi Sell jangan anda lewatkan. Pasalnya, jika logam ini tertekan hingga di bawah level 1287.99, maka sejatinya logam ini akan terus tertekan setidaknya hingga level 1282.83. Stop loss dapat diletakkan beberapa poin di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1309.13
R2 : 1300
R1 : 1294.93
Pivot : 1287.99
S1 : 1282.83
S2 : 1276.68
S3 : 1269.6

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.