Emas Naik Tipis Terkait RUU Pajak

Emas mencatatkan kenaikan tipis di saat RUU Pajak AS akan segera disahkan.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas bergerak naik pada hari Rabu, kembali mencatatkan relinya dalam enam sesi terakhir, terkait harapan bahwa AS akan menyetujui perubahan undang-undang pajak terbesar dalam 30 tahun membuat sedikit mengendur. Logam kuning ini naik saat saham berjuang mencari arah jalannya, mengikuti serangkaian catatan untuk mengantisipasi berlalunya RUU tersebut, yang mencakup pemotongan pajak perusahaan secara besar-besaran.

Sementara itu mengenai perkembangan progress pengesahan RUU Pajak, Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Rabu meloloskan RUU pajak dari Partai Republik, mengirimkan undang-undang tersebut kepada Presiden Donald Trump untuk ditandatangani. Ini merupakan perombakan terbesar kode pajak AS dalam lebih dari tiga dekade, dan secara permanen memangkas tingkat suku korporat menjadi 21%, secara temporer mengurangi tingkat suku individu. RUU tersebut juga mencabut mandat asuransi individu Obamacare dan membuka bagian dari perlindungan satwa liar Alaska untuk pengeboran minyak dan gas bumi.

Pasar indeks saham AS berakhir sedikit lebih rendah merespon progress pengesahaun RUU tersebut setelah DPR dan Senat mengeluarkan undang-undang perpajakan, mengirimkannya ke Presiden Donald Trump untuk mendapatkan tandatangannya.

 

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1266. Emas menguat tipis hingga area 1267 pada perdagangan kemarin.

 

XAUUSD H1

 

Emas berupaya keluar dari zona resisten pada area 1260-1264 sehingga kini berada di sekitar area resisten 1267.72. Logam ini merangkak naik dalam peningkatan tipis seiring para investor sedang mewaspadai beragam kemungkinan yang terjadi saat setelah RUU Pajak ini diteken oleh Presiden Donald Trump. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk acuan trade kali ini adalah NETRAL.

Namun, masih ada scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya:

  1. Skenario untuk peluang Buy kini berada pada level resisten 1267.72. Level resisten ini berperan penting menjelang pergerakan selanjutnya. Pasalnya jika level resisten ini ditembus, maka sejatinya emas akan melanjutkan relinya hingga resisten selanjutnya. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka cari peluang Buy disekitar area tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat setidaknya hingga 1274.43. Stop Loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.
  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level 1260.50 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah kembali setidaknya hingga 1257.10. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1281.15
R2    : 1274.43
R1    : 1267.72
Pivot    : 1264.10
S1    : 1260.50
S2    : 1257.10
S3    : 1252.78

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.