Advertisement

iklan

Emas Pecahkan Rekor Penutupan Tertinggi Selama Dua Pekan

281634

Emas berjangka ditutup menguat pada pekan kemarin, sehingga bias intraday menjadi bullish.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Sebelumnya, Selamat Natal Untuk Anda Semua Trader Yang Sedang Merayakannya. Merry Christmas And Happy New Year 2018.

 

General Overview

Dolar AS sedang berjuang untuk menemukan momentum dan detik-detik terakhir menjelang pengesahan RUU Pajak, sementara pasar emas mendapat dorongan ke atas untuk minggu ini dalam perdagangan yang mungkin akan menjadi periode perdagangan liburan yang tenang.

Emas ditutup menguat hingga level 1277 pada pekan kemarin, sehingga mencatatkan penutupan tertinggi selama dua pekan. Penguatan emas ini sedikit banyak disebabkan pengenduran dollar untuk saat ini. Melihat keadaan saat ini, banyak analis yang bullish pada emas karena Dolar AS mungkin akan terus loyo sampai tahun baru. Indeks Dolar AS turun hampir 10% tahun ini, berada dalam tahun terburuk yang pernah dialami mata uang dalam lebih dari satu dekade.

Penguatan emas juga didukung oleh keruntuhan Bitcoin, yang saat ini turun lebih dari 20% pada hari Jumat. Penurunan lebih lanjut dalam cryptocurrency bisa membantu harga emas untuk terdorong lebih tinggi untuk kedepannya.

 

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1277. Emas menguat hingga area 1277 pada perdagangan kemarin.

 

XAUUSD H1

 

Secara teknikal, emas menunjukkan pergerakan bullish untuk perdagangan intraday, meskipun secara garis besar masih menunjukkan tren bearish. Sedangkan resisten terdekat untuk mengkonfirmasi pergerakan bullish intraday berada pada level 1281.15. Dengan demikian, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade jangka pendek kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Buy berada pada level resisten terdekat 1277.84 dan dapat digunakan sebagai entry poin Buy jangka pendek. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka cari peluang Buy disekitar area tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka logam ini akan kembali menguat hingga 1281.15. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level 1271.20 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini dan dapat dicoba untuk peluang Sell jangka pendek. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya, menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah tipis setidaknya hingga 1267.72. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management Anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1281.15
R2    : 1277.84
R1    : 1274.43
Pivot    : 1271.20
S1    : 1267.72
S2    : 1264.10
S3    : 1260.50

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.