OctaFx

iklan

Emas Sedang Berjuang Di Tengah Jatuh Bangunnya Dollar

Harga Emas kembali bergerak Bullish, namun masih perlu konfirmasi lanjutan agar pergerakan bullish terkonfirmasi.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali merangkak naik pada sesi perdagangan Rabu kemarin. Penguatan yang terjadi baru-baru ini dikarenakan terkoreksinya kembali dollar AS, dengan saham-saham mulai sedikit melemah setelah rilis data baru.

Indeks ICE U.S. Dollar yang mengukur tingkat suku bunga terhadap enam pesaingnya, turun 0.1% ke 94.820. Pada hari Selasa, indeks tersebut naik 0.2% mencapai level 95.149, tertinggi sejak pertengahan Juli. Indeks dan emas biasanya bergerak terbalik, karena dolar yang menguat akan membuat emas kurang menarik bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Sementara itu, indeks saham AS juga bergerak melemah dan dibuka lebih rendah pada perdagangan kemarin. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 13 poin atau 0.1% menjadi 23543. Indeks S&P 500 turun 3 poin atau 0.1% menjadi 2588. Indeks Nasdaq Composite naik lebih tinggi 1 poin menjadi 6769.

Dengan demikian, harga emas berjangka naik $7.90, atau 0.6%, untuk menetap di $1283.70 per ons.

Dari segi teknikal, seperti yang tampak pada grafik harian berikut ini, emas sedang berjuang untuk beralih haluan menjadi bullish kembali. Resisten trendline dan garis tengah Bollinger Band sudah mulai ditembus, sementara indikator teknikal RSI dan OsMA satu persatu menyusul pergerakan bullish ini. Masa transisi ini tampaknya menjadi masa-masa yang sulit bagi emas. Pasalnya, tidak ada rilis berita penting yang berdampak tinggi ataupun pertemuan The Fed yang diselenggarakan pekan ini sebagai pendorong bagi pasar logam kuning ini.

Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1280. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam kuning ini menguat hingga level 1287.

H1

Hingga saat ini, harga sedang bergerak di atas support area 1277. Pada grafik Daily tampak harga telah berhasil menembus resisten trendline. Sedangkan pada time frame rendah seperti H1, tampak bahwa resisten terdekat selanjutnyan berada pada 1283.24. Meskipun pergerakan bullish sesaat yang dihasilkan pada perdagangan kemarin sehingga berhasil menembus resisten trendline pada grafik harian, namun masih perlu konfirmasi lanjutan agar dapat memastikan bahwa harga memang telah benar-benar berubah haluan menjadi bullish. Oleh karena itu, sebelum adanya pergerakan dan sinyal yang jelas maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1281. Pada saat analisa ini ditulis tampak bahwasannya sedang terjadi upaya untuk menguji level resisten 1283.24. Level tersebut lah yang akan digunakan untuk entry poin kali ini. Jika harga kembali bergerak naik hingga menembus level tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di atasnya, maka posisi Buy dapat dibuka dengan aman. Sehingga posisi BUY dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry dan terkonfirmasi. Jika breakout ini valid, maka sejatinya pair XAU/USD akan menuju resisten selanjutnya pada 1288. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan juga support area pada 1277.82. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi, maka pair ini akan kembali melemah. Level ini juga dapat digunakan sebagai acuan level entry Sell. Jika harga mampu menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka ada indikasi bahwa logam ini akan melemah kembali. Dengan kata lain, posisi SELL dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1277.82. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat, dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1271.65.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1295.17
R1 : 1288
Pivot : 1283.24
S1 : 1277.82
S2 : 1271.65
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.