Advertisement

iklan

Emas Sedikit Menguat Pasca Pernyataan The Fed

282179

Pernyataan dovish The Fed telah membuat Emas naik dan terpantul dari area Support Fibonacci Retracement 23.6.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas berjangka ditutup dengan penguatan pada perdagangan hari Rabu kemarin, karena dolar AS terus bergerak melemah setelah keputusan Federal Reserve yang tidak merubah suku bunga untuk saat ini. Sebuah keputusan yang dinilai dovish dan tidak diharapkan oleh para investor, sehingga greenback sedikit loyo dibandingkan rival-rivalnya.

Bank sentral Amerika tersebut juga menyatakan bahwa mereka memperkirakan inflasi "akan naik tahun ini", sehingga dapat dijadikan pertanda untuk dapat dinaikkannya suku bunga dalam waktu dekat. Mengikuti berita tersebut, emas berjangka langsung berada di posisi tertinggi di kisaran $1345 per ons. Penutupan tersebut merupakan penutupan harian tertinggi pada pekan ini.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1345. Emas sempat menguat hingga ke level 1348 karena dampak pernyataan The Fed pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Dari grafik daily di atas tampak bahwa logam ini terlihat tertolak dari level support Fibonacci Retracement 23.6 pada area 1334-1335. Tampak terdapat ekor candle di level tersebut pada perdagangan kemarin dan terbentuknya candle bullish kemarin seolah memberikan isyarat dini bahwa kubu buyer tampaknya berhasil membawa logam ini lebih tinggi, karena dengan adanya reversal pada level support tersebut.

Sementara pada grafik hourly, pergerakan reversal yang terjadi tampaknya dikonfirmasi oleh adanya Bullish Divergence yang dihasilkan oleh indikator RSI. Terlihat jelas bahwa dengan adanya rejection tersebut membuat adanya perbedaan antara pembacaan indikator teknikal dengan perilaku pelaku pasar sehingga menyebabkan terjadinya Bullish Divergence tersebut. Apakah logam kuning ini sudah kembali pada jalur bullishnya? Kita lihat saja nanti. Dengan demikian, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu mencoba peluang Buy dengan harapan bahwa logam ini akan melanjutkan pergerakan rally nya. Area acuan yang perlu diperhatikan untuk skenario ini berada pada level resisten sekitar 1345.47. Level tersebut pada saat analisa ini ditulis sedang berusaha untuk dipenetrasi oleh buyer logam ini, yang mana jika level tersebut dapat ditembus dan terkonfirmasi maka akan memungkinkan untuk logam ini bergerak naik kembali. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali melanjutkan pergerakan rally-nya hingga menguji level 1352.15. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sebagai alternatif, waspadai jika harga kembali terkoreksi dan menembus level 1334.10. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka logam ini justru akan terkoreksi lebih dalam. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell sesaat mendapatkan peluang yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan kembali terkoreksi setidaknya pada level 1329.13. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1357.15
R2    : 1352.15
R1    : 1345.47
Pivot: 1339.37
S1    : 1334.10
S2    : 1329.13
S3    : 1322.66


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Julian
Prediksi emas untuk malam ini. Karena data semuanya menunjukkan bagus.. apakah emas mnguji low nya ke support 1334? Terima kasih mas erik
Erik Tri Cahyo
Untuk Julian,
Jika yang anda maksud malam ini pada 1 Februari kemarin, maka emas terlihat bergerak menguat semalam. Meskipun semua data ekonomi pada tanggal tersebut dirilis positif, namun berita ekonomi tersebut tidak terlalu berdampak terhadap pasar XAU/USD karena data tersebut masuk dalam kategori medium impact.

Meskipun ada satu data berdampak tinggi pada malam itu yang dirilis positif, akan tetapi pasar logam kuning ini sepertinya lebih merespon keadaan teknikal yang memungkinkan untuk naik kembali.

Keadaan teknikal tersebut yakni dimana logam ini terpantul dari level support retracement 23.6% dikisaran area 1334-1335 yang tergambar jelas pada grafik daily pada candle 31 Januari kemarin. Terbentuk bullish candle pada tanggal tersebut dengan pinbar pada area support 1334-1335.

Kemudian juga didukung dengan kemunculan bullish divergence pada frame hourly yang seolah mengkonfirmasi pergerakan bullish tersebut. Untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca kembali analisa emas 1 Februari.

Semoga bisa membantu.Terima Kasih.