Advertisement

iklan

EUR/USD Cetak Pin Bar Bullish, Siaga Potensi Rebound

EUR/USD mencapai titik jenuh jual dan berpotensi tinggi untuk mengalami koreksi. Manfaatkan peluang ini untuk Buy EUR/USD.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

  • Prakiraan EUR: Jenuh Jual.
  • Prakiraan USD: Sideways.
  • Prakiraan EUR/USD: Berpotensi Rebound Bullish.

 

Analisa Fundamental

Greenback memukul mundur Euro hingga menyentuh nilai terendahnya (kisaran 1.18400) pada tahun ini. Bull Dolar AS tampak masih berusaha mempertahankan posisi Long hingga katalis berikutnya: rilis data inflasi AS (CPI dan PPI).

Data inflasi AS versi produsen (PPI) akan dirilis malam ini, sedangkan versi konsumen (CPI) akan menyusul besok (10 Mei). Jika rilis laporan di bawah ekspektasi, bisa jadi EUR/USD akan berbalik arah sebagai koreksi.

 

Analisa Teknikal EUR/USD (H4)

 

eurusd, h4

 

Mengingat laju arah tren EUR/USD menurun, diprediksikan pair utama ini akan mengalami Bullish Rebound sebagai koreksi. Berikut adalah sinyal-sinyal Bullish yang perlu diperhatikan:

  • Harga telah membentuk Pola Harmonik Crab komplit. Artinya, akan ada potensi besar harga akan mengalami perubahan arah tren dari Downtrend ke Uptrend.
  • Proyeksi Gelombang Impuls Elliot telah mencapai level jenuh jual pada titik (5). Pada titik tersebut, harga berpeluang besar untuk mendaki membentuk Gelombang Korektif Elliot.
  • Lingkaran kuning menyorot terbentuknya candle Pin Bar Bullish dengan Lower Shadow cukup panjang. Candle itu menampilkan perlawanan Buyer setelah harga mendekati titik Support penting.

 

Saran Pembukaan Posisi

Skenario Posisi Long (Buy)

  • TP: 1.19600 (plus 120 pip/ 1200 poin).
  • Entry: Buy di sekitar level 1.18400.
  • SL: 1.18000 (minus 40 pip/ 400 poin).

Anda dapat mengeksekusi Order Buy instan atau menunggu harga mendekati level Entry dengan Pending Order. Sebagai konfirmasi, tunggu sampai osilator MACD (area kuning) bergerak ke atas meninggalkan zona negatif.

Setting rasio Risk/Reward pada posisi ini adalah 3RR. Gunakan trailing stop auto atau manual (15 pips atau 150 poin) untuk mengamankan posisi. Gunakan pula kalkulator MM agar manajemen modal teratur dan posisi tidak over lot.

Disclaimer On

 

Update Posisi 10 Mei 2018

Harga Euro saat ini masih mencoba melanjutkan perjalanan menuju target profit. Jika hari ini harga mampu menembus resistance Downtrend Channel (garis merah putus-putus), harga akan kembali naik menuju level Fibo 23.6% di sekitar level 1.19600. Dalam pasar juga telah terlihat penurunan harga sudah melebihi normal (oversold). Hingga saat ini, hawa penurunan terasa merata di time frame H1, H4, dan D1. Biasanya ini merupakan tanda reversal yang kuat.

EUR/USD akan tetap berusaha naik ke atas karena pola harmonik Bullish Alternative Crab telah komplit. Hal ini juga dibarengi oleh berakhirnya gelombang ke-5 Elliott Wave pada TF H4. Jika ingin membuka posisi buy lagi, upayakan menunggu penembusan Downtrend channel. Selain itu, perhatikan konfirmasi reversal lain yang muncul agar bisa mengetahui perilaku harga terkini.

 

update-analisa-eur-usd

Arsip Analisa By : SF Red Team

SF Red Team adalah kolaborasi analis Seputarforex dengan master Price Action, Ahmed Sar. Rutin menyuguhkan analisa harian dengan Timeframe H1-H4 yang dikhususkan untuk Intra-Day Trading menggunakan pola Candlestick, Chart Pattern, pola Harmonik, serta Elliot Wave.