Advertisement

iklan

EUR/USD Rebound Hanya Sementara, Bias Bearish Lebih Dominan

Uni Eropa dilanda kemelut politik, Euro terus tertekan. Meski saat ini EUR/USD sempat rebound, tapi tren bearish masih lebih kuat.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

  • Prakiraan EUR: Bearish.
  • Prakiraan USD: Sideways.
  • Prakiraan EUR/USD: Bearish Kontinu, berpeluang rebound.

 

Analisa Fundamental

Gejolak politik di Italia masih menjadi Headline pekan ini. Pelaku pasar mulai was-was terhadap kemungkinan memanasnya pemilu Italia yang dapat menjadi referendum untuk menentukan penggunaan mata uang Euro. Sentimen anti Uni Eropa inilah yang kemudian semakin menekan EUR/USD hingga nilai rendah 1 tahunannya di kisaran 1.15100.

Konflik politik Italia melonjakkan yield obligasi pemerintahan ke 3.19 persen. Kenaikan tinggi ini diikuti oleh melemahnya saham dan nilai tukar Euro, sehingga menyulut kekhawatiran investor pasar obligasi terhadap kemungkinan Default (gagal bayar) pemerintahan Italia.

 

Analisa Teknikal EUR/USD (H4)

 

eurusd, h4

 

 

EUR/USD diprediksikan dengan tendensi untuk berlanjut menurun. Namun, masih ada kemungkinan bahwa pair ini akan terus terkoreksi sampai mencapai 50% Retracement dari Swing High terakhir. Berikut adalah indikator-indikator yang perlu dipertimbangkan:

  • Secara umum, harga bergerak menurun dalam Channel Downtrend, sehingga peluang jual lebih dominan daripada peluang beli.
  • Fibonacci Expansion menampilkan bahwa saat ini harga telah menyentuh ekspansi hingga 78% dari tren menurun sebelumnya. Meski harga sempat mendaki, penurunan dapat berlanjut untuk mencapai level ekspansi tersebut kembali.
  • Harga diproyeksikan berlanjut menurun sesuai dengan Gelombang Impuls Elliot yang saat ini sedang dalam gelombang kelima.
  • Lingkaran kuning menyorot potensi terbentuknya formasi candlestick reversal Bullish. Peluang reversal terkonfirmasi jika candlestick terakhir ditutup lebih tinggi dari harga pembukaannya secara konsisten. Dalam Downtrend, peluang ini lebih kecil, tapi perlu diawasi untuk mengantisipasi kemungkinan Reversal Bullish.
  • Garis biru muda dan garis ungu adalah garis Simple Moving Average 20 dan 50 yang berfungsi sebagai level Resistance dinamis. Saat ini, harga tampak berusaha menembusnya.

 

Indikator Penunjang

Berikut adalah daftar indikator penunjang untuk pair EUR/USD dengan pertimbangan trading jangka pendek. Anda dapat menggunakan rujukan indikator penunjang ini untuk mengonfirmasi sinyal:

 

eurusd, teknikal

 

 

Saran Pembukaan Posisi

Skenario Posisi Long (Buy)
Entry: 1.16500
TP: 1.17700 (plus 120 pip)
SL: 1.16100 (minus 40 pip)

Skenario Posisi Short (Sell)
Entry: 1.16100
TP: 1.15300 (plus 80 pip)
SL: 1.16500 (minus 40 pip)

Peluang Sell memiliki peluang terbesar, jadi Anda dapat mempriotaskan peluang dari posisi Short (Sell). Namun, jika harga telah mendekati batas SL, Anda dapat menutup posisi jual lalu membuka posisi balikan (Buy). Ingat, resiko membuka posisi balikan lebih tinggi, jadi gunakan opsi ini hanya jika Anda benar-benar siap menghadapi resiko.

Setting rasio Risk/Reward pada posisi ini adalah 2RR sampai 3RR. Gunakan trailing stop auto atau manual (15 pip atau 150 poin) untuk mengamankan posisi. Gunakan pula kalkulator MM agar manajemen modal teratur dan posisi tidak over lot.

Disclaimer On

 

Update Posisi 31 Mei 2018

Selamat siang semuanya. Harga Euro pagi tadi sudah menembus SL karena terjadi breakout Downtrend Cannel. Dengan ini, maka berlakulah skenario Bullish Reversal. Diprediksi, hari ini harga EUR/USD akan melanjutkan Rebound terbatas karena tren kenaikan sudah menguat.

Hawa penurunan masih tersisa di TF D1 saja, sedangkan TF H1 dan H4 sudah berubah naik. Anda bisa membuka posisi buy selama harga berada di atas garis Downtren Channel. Tetap perhatikan konfirmasi Reversal yang muncul agar bisa mengetahui perilaku harga terkini.

 

update-analisa-eur-usd

Arsip Analisa By : SF Red Team

SF Red Team adalah kolaborasi analis Seputarforex dengan master Price Action, Ahmed Sar. Rutin menyuguhkan analisa harian dengan Timeframe H1-H4 yang dikhususkan untuk Intra-Day Trading menggunakan pola Candlestick, Chart Pattern, pola Harmonik, serta Elliot Wave.