Harapan Cerah Untuk Greenback Membuat Pasar Logam Mulia Suram

280397

Berada pada level krusial dan dibebani oleh cerahnya prospek greenback tentu akan membuat emas suram. Ditambah lagi dari sisi teknikal sedang menunjukkan sentimen bearish.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam mulia emas melanjutkan pelemahannya pada sesi perdagangan Rabu kemarin seiring dengan menguatnya greenback. Harga emas tetap bergerak ke bawah pada hari Rabu yang defensif, memperpanjang sedikit penurunan semalamnya, setelah laporan Departemen Perdagangan menunjukkan bahwa pesanan untuk barang tahan lama AS naik sebesar 1.7% menjadi $ 232.8 miliar pada bulan Agustus.
Angka utama dalam laporan tersebut berada di atas ekspektasi konsensus yang disusun oleh berbagai organisasi berita, yang memperkirakan kenaikan antara 1% sampai 1.5%.

Sebelumnya, harga emas kembali terjungkal pada perdagangan Selasa kemarin. Logam kuning ini dituttup melemah kembali setelah para investor menindaklanjuti komentar dari ketua Federal Reserve, Janet Yellen, pada Selasa kemarin. Hingga saat ini, emas masih terbebani oleh prospek positif Dolar AS karena akan dinaikkannya suku bunga dalam tahun ini.

Dalam sudut pandang teknikal, emas kini sedang berada dekat dengan level support penentu. Perhatikan chart Daily berikut ini.

XAUUSD Daily

Logam ini kini sedang dekat dengan level Fibonacci Retracement 50% pada 1281.15. Peluang untuk menguji dan mempenetrasi level tersebut sangatlah besar, melihat keadaan teknikal dan fundamental saat ini.

Dari indikator teknikal sendiri, semuanya telah mengkonfirmasi sentimen bearish. Indikator teknikal RSI sudah berada di bawah level 50 dan ini juga seirama dengan harga yang bergerak di bawah garis tengah Bollinger Band. Sedangkan indikator OsMA sudah lebih dahulu menunjukkan perubahan sentimen ini sejak 13 September lalu. Semua indikator tersebut telah mengkonfirmasi pergerakan bearish saat ini. Sedangkan level support FR 50% ini adalah level penentu untuk emas, karena sebagai pengkonfirmasi apakah emas hanya koreksi sesaat atau penanda telah adanya perubahan tren.

Dari sisi fundamental, cerahnya harapan Dolar AS tentu menjadi beban untuk logam kuning ini. Komentar hawkish dari Ketua Federal Reseve, Janet Yellen, pada Selasa kemarin membuat optimisme dollar semakin berjaya karena dengan demikian impian untuk dapat menaikkan suku bunga dalam tahun ini dapat terealisasikan.

Sementara itu, mengenai kondisi konflik antara Korut dan AS, juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, mengatakan bahwa AS "tidak mengumumkan perang melawan Korea Utara dan mengatakan hal tersebut tidak masuk akal". Ia juga menambahkan bahwa tindakan yang dilakukan Korea Utara tersebut hanyalah sebagai tindakan provokatif saja. Dilansir dari BBC, Juru bicara Pentagon Col. Robert Manning bereaksi dengan mengatakan: "Jika Korea Utara tidak menghentikan tindakan provokatif mereka, kami akan memastikan bahwa kami akan memberikan pilihan kepada presiden untuk menangani Korea Utara."

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga logam ini kini saat analisa ini ditulis berada di area 1283. Sementara itu, level support dari Fibonacci Retracement 50% ada pada level 1281.15. Level ini yang akan menjadi penentu apakah sebenarnya telah adanya perubahan tren atau hanya korektif sesaat saja. Namun jika melihat kondisi keadaan global saat ini, banyak faktor yang akan membebani si logam kuning ini.

XAUUSD H1

Berada pada level krusial dan dibebani oleh cerahnya prospek greenback tentu akan membuat pasar logam ini suram. Ditambah lagi dari sisi teknikal yang memang sedang menunjukkan sentimen bearish akan semakin membebani. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dipakai untuk acuan trade hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah dengan mencoba posisi Sell. Perhatikan level support penting Fibonacci Retracement 50% pada 1281.15 yang sekaligus menjadi level entry skenario kali ini. Pasalnya, level tersebut memegang peranan untuk pergerakan logam ini, apakah ternyata saat ini hanya terjadi korektif atau telah terjadinya pembalikan tren. Oleh karena itu, jika level 1281.15 tersebut tertembus dan terkonfirmasi, maka bukan tidak mungkin bahwa logam kuning ini akan semakin mengendur. Maka posisi Sell dapat diambil setelah mendapatkan adanya penembusan yang valid dan terkonfirmasi. Setelah melewati level 1281.15, sejatinya logam ini akan terus menurun hingga 1274.92. Stop loss dapat ditempatkan di atas swing high terdekat.
  2. Perhatikan juga level 1289.44 sebagai resistan. Jika logam ini naik hingga dapat menembus dan melewati level tersebut maka peluang untuk rebound akan terjadi. Jika skenario ini valid dan terkonfirmasi maka posisi Buy dapat dibuka. Maka pastikan dahulu level 1289.44 telah terlewati dan terkonfirmasi sebelum entry posisi Buy. Target terdekat untuk posisi ini ada pada 1294.87 dengan penempatan stop loss di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1308.42
R2 : 1300
R1 : 1294.87
Pivot : 1289.44
S1 : 1281.15
S2 : 1274.82
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.