Advertisement

iklan

Hubungan AS-China Mencair, Harga Emas Kian Tertekan

Penurunan harga emas diperkirakan masih akan berlanjut seiring dengan semakin mencairnya ketegangan AS dan China.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Analisa Fundamental

Harga emas turun ke level terendah dua minggu di tengah meningkatnya minat investor terhadap aset berisiko. Hal ini didorong oleh positifnya data ekonomi China serta optimisme atas penandatanganan kesepakatan dagang AS-China fase pertama. Sehari sebelum penandatanganan, AS mencabut tuduhan yang pernah mereka sematkan pada China sebagai manipulator mata uang. Ini semakin mengindikasikan cairnya tensi hubungan antara kedua negara.

Sementara itu, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan bahwa terjemahan kesepakatan dagang hampir selesai dan akan dipublikasikan sebelum upacara penandatanganan pada hari Rabu (15/Januari).

 

Analisa Teknikal

Hubungan AS-China Mencair, Harga Emas

Harga emas mencatatkan rekor terendah dua pekan hingga menembus level Support 1538.87 di awal sesi perdagangan hari ini. Pergerakan emas yang semakin jauh berada di bawah indikator EMA 20 dan EMA 50 juga mengindikasikan bahwa harga masih berada dalam tren bearish yang masih kuat.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 1538.87
  • Take Profit: 1530.88
  • Stop Loss: 1543.94
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.