OctaFx

iklan

IHSG dan Potensi Pergerakannya Saat Ini

Penyebaran COVID-19 di Indonesia sudah cukup masif, dan sudah banyak revisi akan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya, seberapa jauh peluang rebound IHSG saat ini?

Advertisement

iklan

Xm

iklan

IHSG

IHSG dan Potensi Saat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan berpotensi untuk turun jika dilihat secara fundamental. Sementara itu, dari arah teknikal masih akan terjadi penyesuaian uji titik support.

 

Titik Support terdekat: 4,350

Titik Support 2: 4,200

 

Fokus Utama

  1. Penyebaran COVID-19 di Indonesia sudah cukup masif, sudah lebih dari 20 provinsi melaporkan kasus positif. Sebagaimana kita ketahui, dampak ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh COVID-19 sangat besar.
  2. Pasar saham global masih bergerak naik-turun, terakhir Bursa Saham Amerika Serikat (AS) di (27/03) turun 3% lebih setelah mengkonfirmasi kenaikan jumlah pasien COVID-19.
  3. Jika terjadi lockdown wilayah di Indonesia maka akan terjadi dampak psikologis untuk investor terkait keberlangsungan dampak ekonomi di jangka pendek dan korelasi ini sejalan dengan efek penurunan IHSG kemudian.
  4. Asing sudah mulai masuk di dua hari terakhir pekan lalu, namun ini masih sangat awal, profit taking masih akan mewarnai Indeks.
  5. Center of Reform on Economics (Core) Indonesia memprediksikan ekonomi Indonesia secara kumulatif tumbuh di kisaran -2% hingga 2% di tahun 2020.

Saham-saham LQ-45

IHSG dan Potensi Saat 

Bagaimana dengan saham-saham pilihan saat ini? Dengan penurunan yang cukup masif di IHSG maka banyak saham-saham LQ-45 yang mengalami penurunan cukup dalam dan berdampak secara valuasi. Strategi yang cukup baik saat ini ialah disiplin ketat dengan modal Anda. Disarankan melihat saham-saham LQ45 yang sudah turun cukup dalam dan volatilitasnya tinggi.

Ketika IHSG turun, saham LQ-45 turun bisa mulai beli dan jual di jangka pendek, bisa harian atau dua hari. Tidak disarankan untuk hold berminggu-minggu. Sektor perbankan dan barang konsumsi menjadi leader ketika IHSG rebound.

Arsip Analisa By : Aditya Putra
292473

Aditya Putra telah aktif di dunia saham selama lebih dari 6 tahun dan hingga saat ini masih menjadi seorang Equity Analyst di perusahaan sekuritas. Aditya menyukai Value Investing, selalu berhasrat menemukan 'Hidden Gems' di saham-saham Small Caps Indonesia, dan terus mengamati saham-saham yang 'salah harga'.