Advertisement

iklan

Jadi Buruan Investor Asing, Bagaimana Proyeksi ARTO?

Penulis

+ -

Pergerakan saham ARTO cukup menarik untuk disimak, baik dari segi finansial maupun teknikalnya. Apakah kondisinya cukup mendukung untuk prospek ke depan?

iklan

iklan

Saham ARTO dibeli oleh asing senilai Rp610 miliar dalam pekan lalu, sehingga pergerakan sahamnya pun tumbuh +8.5% dalam sepekan.

Lalu apa yang mendasari demand tersebut? Kalau ditelisik sekilas, hanya ada berita terkait Bank Jago (ARTO) yang akan meluncurkan layanan bank rekening dana nasabah (RDN) untuk menyerap jumlah investor pasar modal. Sebelumnya, GoPay dan ARTO memang telah mengumumkan kerja sama berupa integrasi layanan yang memberikan kemudahan dalam pengaturan keuangan dan akses perbankan digital.

Saham ARTO

Secara garis besar, keinginan investor asing untuk masuk ke saham perbankan seperti ARTO ialah potensi perbaikan ekonomi Indonesia di 2022 yang semakin sip. Hal ini dinilai akan menopang kinerja sektor perbankan yang diperkirakan bakal memperoleh kenaikan laba usaha signifikan di tahun depan. Likuiditas yang melimpah akan digunakan untuk ekspansi kredit, salah satunya akan dinikmati pula oleh saham bank digital.

 

Kinerja Laba Perseroan

Yang menarik per laporan keuangan 3Q/21 adalah, ARTO mulai menunjukkan laba usaha positif setelah dalam empat tahun terakhir tercatat selalu loss. Tentu ini akan menjadi tesis yang sempurna dari cikal bakal suksesnya bisnis bank digital kemdepan, yang diproyeksi akan mendisrupsi sektor finansial.

Saham ARTO menjadi burusan investor Sumber: TradingView

Dari grafik di atas, bisa dilihat bahwa laba bersih perseroan tercatat positif Rp14 miliar di 3Q/21; suatu capaian yang sangat baik setelah sebelumnya selalu net loss.

 

Target Bisnis ARTO

ARTO melakukan dua model bisnis keuangan yang sudah dilakukan saat ini: kerjasama dengan institusi keuangan serta kerjasama dari sisi value chain . Hal ini dilakukan agar target market serta potensial pasar yang menjadi tujuan awal perseroan akan berjalan efektif (segmen bisnis SME dan micro).

Saham ARTO menjadi burusan investor Sumber: Perseroan

 

Teknikal Chart ARTO

Harga terlihat mulai berhasil break trendline channel atasnya, dengan tetap membuat higher high pada support trend yang terbentuk sejak Oktober lalu. Kenaikan volume mulai terlihat lagi di periode akhir Desember ini, sehingga bisa menjadi sinyal yang positif bagi ARTO untuk break high area 19050. Untuk weekly, kali ini pergerakannya sudah strong buy.

Saham ARTO menjadi burusan investor Sumber: TradingView

 

Kesimpulan

Saham ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki portofolio investasi khususnya di saham perbanka. ARTO dikenal sebagai saham bank digital, dan jika melihat kondisi keuangan yang mulai positif di 3Q/21 maka saham ini bisa semakin potensial di jangka panjang jika hasil kinerja keuangannya semakin positif. Selain itu, dengan harganya yang sudah tinggi, kembali terbuka opsi dari sisi manajemen untuk melakukan aksi stock split (pemecahan nilai saham).

 


Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel ini bukanlah merupakan anjuran/rekomendasi untuk membeli/menjual di pasar modal. Setiap keputusan investasi dan trading haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan tersebut.

Download Seputarforex App

Arsip Analisa By : Aditya Putra
297057
Penulis

Aditya Putra telah aktif di dunia saham selama lebih dari 6 tahun dan hingga saat ini masih menjadi seorang Equity Analyst di perusahaan sekuritas. Aditya menyukai Value Investing, selalu berhasrat menemukan 'Hidden Gems' di saham-saham Small Caps Indonesia, dan terus mengamati saham-saham yang 'salah harga'.