USD Mulai Bangkit, NZD Balik Tertekan

Kenaikan Dolar AS menjadi sinyal buruk bagi NZD yang digempur sinyal-sinyal bearish dari indikasi Breakout, Three Outside Down, dan proyeksi Butterfly Pattern.

iklan

acy

iklan

FirewoodFX

Setelah tergencet pernyataan Trump, Dolar AS mulai menunjukkan sinyal-sinyal kebangkitan pada sesi trading Asia hari ini (7/12). NZD adalah salah satu mata uang yang terimbas oleh penguatan tersebut. Secara teknikal, pair NZD/USD juga memproyeksikan sinyal bearish dari indikasi Breakout, Price Action, dan pembentukan pola harmonik.


Fundamental NZD/USD

Sempat melemah akibat risiko konflik yang dipicu oleh deklarasi Trump terkait Jerusalem, USD kembali naik dan memupus kerugian terhadap mata uang-mata uang pesaingnya. Menurut catatan berita forex pagi ini, Dolar AS ditunjang oleh peningkatan minat risiko dan ekspektasi tinggi untuk reformasi pajak AS.

Di samping itu, pasar sedang bersiap menyambut data-data tenaga kerja AS yang dijadwalkan rilis besok (8/12). NFP diperkirakan mengalami penyusutan dari 261K ke 200K, sementara prediksi untuk tingkat pengangguran November tidak beranjak dari 4.1%.

Tidak ada rilis data berdampak tinggi dari Selandia Baru sampai akhir pekan ini. Besok pagi, NZD hanya dijadwalkan menyambut Manufacturing Sales Volume yang teridentifikasi berdampak rendah.


Teknikal NZD/USD

Di time frame H4, NZD/USD kembali bergerak mundur setelah sebelumnya mencoba naik dan membuat Higher Low yang menjadi pijakan up trendline (tanda panah biru). Pelemahan harga dimulai sejak harga gagal melampaui Fibo 23.60% dan membentuk Bearish Price Action (tiga candle dalam lingkaran ungu).

Terlebih lagi, NZD/USD saat ini sedang dalam proses pembentukan pola Butterfly. Sesuai deskripsi grafik chart di bawah ini, harga tinggal menuju titik D untuk menyempurnakan Butterfly Pattern.

 

Sell NZD/USD - 7 Desember 2017

Swing bearish NZD/USD masih kuat untuk melanjutkan pergerakan ke arah downside. Selain karena proyeksi pola Butterfly, harga telah menembus up trendline dan 'mematuhi' sinyal bearish three outside down yang terbentuk di titik High sebelumnya.


Proyeksi Pergerakan NZD/USD

Breakout harga di atas telah dikonfirmasi oleh penutupan candle bearish di bawah garis trend. Situasi ini jelas sejalan dengan proyeksi penyelesaian pola Butterfly dan sinyal Bearish Price Action. Untuk mengantisipasi peluang sell, Anda bisa memilih area psikologis di sekitar harga saat ini.

Setup trading pada chart di atas membidik kisaran 0.68600 sebagai area open sell potensial. Stop Loss dapat ditempatkan di atas up trendline, sekitar 30 pips (4 digit) atau 300 pips (5 digit) dari target entry. Untuk Take Profit, Anda bisa memaksimalkan peluang penurunan harga sampai di bawah Fibo 100.00%. Pengaturan yang masih berada di dalam lingkup Butterfly Pattern itu bisa disesuaikan dengan Rasio Risk/Reward 1:3, tepatnya di area 0.67700.

 

Gunakan trailing stop auto atau manual dan manajemen modal untuk trading yang bagus. Anda bisa memanfaatkan kalkulator MM agar tidak over lot, silahkan klik di sini.

Arsip Analisa By : Sf White Team

Bagaimana reaksi Anda tentang analisa ini?

Dengan imbuhan sedikit tinjauan fundamental, SF White Team menyajikan pengamatan sinyal trading dengan pendekatan Price Action dan pola Harmonik. Selain itu, analisa juga dilengkapi dengan rekomendasi Entry, Stop Loss, dan Take Profit.