Dua Doji Muncul Setelah Sideways, Poundsterling Siap Terjun

Akhir minggu kemarin diakhiri dengan kemunculan 2 doji pada pasangan GBP/AUD. Simak analisa selengkapnya di sini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dalam tren kenaikan yang panjang ini, pasangan Poundsterling dan Dolar Australia sudah 2 minggu berada pada kisaran-kisaran tertentu. Harga-harga yang berjejer rapi menandakan GBP/AUD kini sedang berada dalam zona keseimbangan Supply And Demand. Saat harga berada pada zona ini, kemungkinan continuation dan bearish reversal cenderung sama besarnya.

Jika dilihat dari time frame 1-minggu, pada penutupan candle mingguan hari Jumat lalu, terbentuk Candlestick Doji. Munculnya candlestick Doji ini terjadi setelah candlestick buying maksimal (Pin Bar) pada penutupan candle 26 Maret 2018 lalu. Selain itu, jika ditinjau dari sisi pembentukan Elliot Wave, harga saat ini kemungkinan berada di akhir pembentukan gelombang ke-5, dan akan menjadi awal pembentukan gelombang a.

Jika dilihat dari time frame 1-hari, candlestick buying maksimal juga telah muncul pada tanggal 9 April 2018 lalu. Selain itu, harga saat ini sedang berada dalam proses pengujian high yang terbentuk pada beberapa minggu lalu.

Analisa ini  diperkuat oleh kemunculan candlestick Doji pada time frame 1-hari. Doji ini menjadi sinyal yang kita gunakan untuk memicu entry. Analisa ini adalah proses pengamatan perilaku harga (price action) dengan cara menghitung jumlah candlestick bullish dan bearish, yang terbentuk saat proses pembentukan candlestick Doji tersebut. Perhitungannya dilakukan pada time frame 15-menit, 1-jam dan 4-jam.

 

analisa gbpaud

 

 

Hasil yang didapatkan dari perhitungan adalah:

  • Time frame 4-jam: 3 candlestick bullish, 3 candlestick bearish (netral).
  • Time frame 1-jam: 9 candlestick bullish, 13 candlestick bearish, 2 candlestick Doji (bearish).
  • Time frame 15-menit: 42 candlestick bullish, 43 candlestick bearish, 11 candlestick Doji (bearish).

 

Saran Pembukaan Posisi

Signal: Short Sell

Dari beberapa pengamatan di atas, disimpulkan bahwa kita akan fokus mencari peluang sell pada pasangan GBP/AUD.


Entry: 1.83950

Entry sebaiknya dilakukan sedekat mungkin dengan garis Stop Loss. Harga kemungkinan akan bergerak naik untuk menguji high yang dibentuknya minggu lalu. Selain itu, Anda juga dapat menunggu hingga munculnya tanda-tanda candlestick reversal pada time frame 4-jam maupun 1-jam.

 

Take Profit: 1.82450 (150 Pips)

Target profit pada analisa ini dihitung dari nilai Average True Range. Pada penutupan candle minggu lalu, ATR-nya berada pada kisaran 293.2 pips. Hingga saat ini, harga telah berjalan sejauh 143 pips, sehingga target profit kita adalah nilai ATR mingguan dikurangi dengan jarak tempuh harga. Hasil yang didapat adalah 150 pips.

 

Stop Loss: 1.84700 (75 Pips)

Dengan RR 1:2, nilai Stop Loss ditempatkan sejauh 75 pips. Nilai ini kebetulan berada sedikit di atas high yang terbentuk minggu lalu.

 

Waktu Trading: 5-7 Candlestick H4 Atau 20-28 Jam

Waktu trading dihitung dari nilai ATR mingguan dibagikan dengan nilai ATR pada time frame 4-jam. Pada time frame mingguan didapatkan ATR sebesar 293.2 pips, sedangkan pada time frame 4-jam didapatkan nilai sebesar 49 pips. Jika dibagikan, maka akan didapatkan hasil sebesar 6 candlestick pada time frame 4-jam.

 

 

Update 17 April 2018

Pasangan mata uang GBP/AUD saat ini sudah running dan belum memulai perjalanan menuju target yang ditetapkan. Diprediksikan hari ini kekuatan tren naik akan melemah. Hal ini terlihat karena hawa kenaikan hanya terasa di time frame H4 dan D1. Pada time frame 1-jam, harga menunjukkan penurunan atau koreksi terbatas. Tetap Hold posisi hingga mencapai level Stop Loss, atau perhatikan konfirmasi bearish reversal yang muncul agar bisa mengetahui perilaku harga terkini.

 

update analisa gbpaud

 

 

 


Disclaimer ON: Analisa ini disusun dengan melihat pola perilaku harga atau price action, zona supply and demand, support and resistance, serta indikator Average True Range. Dalam menempatkan posisi, sebaiknya jaga selalu lot dan margin yang anda gunakan. Untuk mempermudah perhitungan lot Anda, silahkan gunakan kalkulator MM. Jangan lupa untuk selalu memasang trailing stop baik otomatis maupun manual (15 pips atau 150 points), atau memindahkan Stop Loss pada breakeven agar resiko trading terminimalisir.

Arsip Analisa By : Sf Alpha Team

Bagaimana reaksi Anda tentang analisa ini?


Dengan kekuatan mistis dari analisa teknikal, tim analis Seputarforex ini berusaha memberikan keuntungan pada Anda dari berbagai macam sudut dan sisi indikator. Semboyan tim, 'Floating itu pasti, Profit itu kemungkinan'.

Pair Rate    
AUD/JPY 81.92 -2
AUD/USD 0.7255 -3
EUR/CHF 1.1373 14
EUR/USD 1.1761 -6
GBP/JPY 148.58 -10
GBP/USD 1.3158 -13
NZD/USD 0.6654 -4
USD/CAD 1.2956 2
USD/CHF 0.9670 16
USD/JPY 112.92 4
26 Sep 17:10