Advertisement

iklan

NFP Positif, Investor Lakukan Aksi Jual Emas

289131

Emas berbalik diperdagangkan bearish setelah rilis data NFP AS Jumat kemarin berhasil melampaui ekspektasi pasar.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Harga emas pada sesi perdagangan Senin (8/Juli) terpantau naik tipis. Hal ini karena para pelaku pasar cenderung berhati-hati menjelang pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell akhir pekan ini.

Pada Jumat pekan sebelumnya, rilis data NFP AS mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan melampaui ekspektasi para ekonom. Dalam laporan yang dirilis oleh BLS tersebut, diketahui AS berhasil menambahkan sekitar 224,000 pekerjaan pada bulan Juni. Akan tetapi, tingkat pengangguran justru meningkat menjadi dari 3.6% 3.7%, dan tingkat pertumbuhan upah stagnan pada level 3.1%.

Data ketenagakerjaan AS yang dirilis positif semakin meredam spekulasi pemangkasan suku bunga The Fed dan mendorong mata uang Dolar AS ke level tertinggi dua pekan. Sebaliknya, data tersebut membuat emas tersungkur 1 persen dalam basis mingguan, setelah mengalami kenaikan selama dua pekan berturut-turut.

Fokus investor selanjutnya akan tertuju pada pernyataan terbaru Powell di hadapan kongres AS. Pernyataan tersebut dinilai bisa menjadi petunjuk tentang arah kebijakan moneter The Fed selanjutnya.

 

Analisa Teknikal

NFP Positif, Investor Berbalik Lakukan

Dari sisi teknikal, tren pergerakan harga emas terpantau bearish. Kondisi ini ditunjukkan oleh pergerakan harga yang berada di bawah SMA 50 dan SMA 200, mengindikasikan bahwa tren masih berpotensi bearish kuat.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 1404.26
  • Take Profit: 1392.48
  • Stop Loss: 1411.54
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.


Luqman
Wah...bagus analisanya... Hampir sempurna..cocok
Rama Anandhita Putra
Halo Pak Luqman, terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan, dan tentunya semoga bisa bermanfaat untuk bapak :)