OctaFx

iklan

Outlook Akhir Tahun 2019 Cenderung Bearish Bagi Dolar AS

Dua pekan terakhir di bulan Desember akrab dikenal sebagai periode perencanaan untuk Q1 tahun berikutnya. Karena itu, analisa mingguan kali ini mencoba menelaah trend akhir tahun 2019 sebagai patokan analisa di tahun depan,

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Kesepakatan dagang AS-China semakin mendekati realisasi. AS hanya perlu mengendurkan sebagian kecil tarif impor dan membatalkan rencana kenaikan tarif impor berikutnya, sementara China setuju membeli produk-produk agri AS senilai 40-50 miliar per tahun. Meskipun kesepakatan sudah terbentuk dan tensi tampak mendingin, AxiTrader menilai jika persetujuan yang lebih komprehensif sebenarnya belum terlihat. Bagaimana outlook berikutnya di pasar forex?

 

GBP/USD

Pasar kemungkinan akan lebih berhati-hati menganalisa pergerakan Pound minggu ini. Meski kemenangan Partai Konservatif terwujud dengan jumlah suara dukungan yang di luar dugaan, respon pasar tak menunjukkan aksi beli yang terlampau heboh. Harga memuncak di 1.35, lalu melemah setelah berkonsolidasi sejenak di area 1.34.

GBPUSD

  • Pivot 1.3300
  • Support 1.3275 / 1.3250
  • Resistance 1.3350 / 1.3375

Dalam jangka pendek, trader Pound akan memusatkan perhatikan pada kebijakan BoE (Bank of England) yang diekspektasikan tak menghadirkan perubahan berarti. Meskipun demikian, analis AxiTrader memperingatkan trader untuk mewaspadai perubahan hasil voting anggota MPC yang lebih mengarah pada sentimen dovish.

 

Mata Uang Antipodean

Paruh kedua Desember umumnya diwarnai dengan permintaan musiman yang kokoh untuk aset-aset risiko tinggi seperti Dolar Australia dan Dolar New Zealand. Dan mengingat 3 ketidakpastian utama pasar (Pemilu Inggris, USCMA, dan Tarif 15 Desember) sudah mulai menunjukkan titik terang, maka trader AUD dan NZD kemungkinan sedang bersiap menyambut rebound besar di tahun 2020.

AUDUSD

  • Pivot 0.6875
  • Support 0.6850 / 0.6825
  • Resistance 0.6900 / 0.6925

 

EUR/USD

Dengan langkah The Fed untuk mempertahankan suku bunga dan data ekonomi global (khususnya di kawasan Euro) yang masih terpuruk, perdagangan awal tahun depan sepertinya akan didominasi oleh Short Dolar. Di sini, pair mata uang yang paling banyak diincar adalah EUR/USD.

EURUSD

  • Pivot 1.1140
  • Support 1.1110 / 1.1080
  • Resistance 1.1170 / 1.1200

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan.

AxiTrader merupakan broker yang beroperasi di bawah perusahaan AxiCorp Financial Services Pty Ltd (AxiCorp). Broker ini berupaya menyajikan layanan trading kredibel dengan fitur VPS gratis di semua akun.