Outlook Mingguan USD Pasca FOMC Dan NFP AS

290853

Daripada pernyataan pejabat Fed, fokus pasar pekan ini lebih tertuju pada rilis data Sentimen Konsumen AS untuk mencari korelasinya terhadap data ketenagakerjaan pekan lalu.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Rilis data ekonomi pekan ini relatif ringan, sehingga pelaku pasar tampaknya masih akan fokus untuk mencerna panduan kebijakan FOMC yang dipublikasikan pada pekan lalu. Selain itu, laporan ketenagakerjaan di akhir minggu kemarin dan progres pembicaraan dagang AS-China juga menjadi penggerak sentimen dalam pekan ini.

Setelah rilis data ekonomi AS yang kurang menggembirakan dan meningkatkan ekspektasi pasar terhadap sikap dovish Fed, USD melemah cukup signifikan pada akhir bulan Oktober. Bahkan dengan minimnya sinyal dovish yang dikirimkan pada Statement pasca pertemuan FOMC, pasar cenderung hati-hati menempatkan sentimen terhadap Dolar AS. Ini menandakan bahwa pasar mata uang masih didominasi oleh isu fundamental lain seperti masalah Brexit yang membuat Dolar AS dalam mode defensif, serta optimisme tinggi terhadap hubungan dagang AS-China.

Indeks Dolar

Sumber: AxiTrader

Dari perspektif yang lebih kecil, indikasi kemajuan dalam pembicaraan dagang AS-China berpotensi menggulingkan USD/CNY dalam penurunan bulanan terbesar sejak Januari tahun ini. Menurut AxiTrader, kondisi ini bisa mendukung kenaikan sentimen risiko di pasar aset lainnya, dan semakin mendukung reli ekuitas global.

Minggu ini, para pelaku pasar kemungkinan masih memperhitungkan ekspektasi Fed Rate Cut hingga 2020, dan mempersiapkan posisi sesuai outlook kebijakan moneter yang cenderung dipertahankan dalam waktu mendatang.

Namun, perlu dicermati pula bahwa The Fed telah "membatasi diri" terhadap kebijakan longgar lebih lanjut. Hal ini sewajarnya bisa mendukung pergerakan Dolar AS. Namun, Price Action yang tercermin pasca pengumuman Fed justru mengindikasikan bahwa pasar masih ragu dengan kemampuan Fed untuk "menunda" kebijakan longgar yang diperlukan, terutama apabila data ekonomi global terus melambat. Ruang pelonggaran yang masih memungkinkan saat ini adalah penurunan suku bunga lebih lanjut.

FedWatch

Sumber: CME FedWatch Tool

Data NFP AS yang meyakinkan di pekan lalu diharapkan dapat menunjang tingkat belanja konsumen, yang secara luas dipandang sebagai salah satu penggerak utama dalam sistem ekonomi AS. Oleh karena itu, fokus data minggu ini semestinya ditujukan pada rilis Sentimen Konsumen University of Michigan untuk bulan November. Laporan tersebut bisa menjadi indikator yang sangat signifikan untuk menilai gairah belanja konsumen AS di tengah perlambatan global dan ketidakpastian politik dalam negeri.

Walaupun pekan ini juga diisi oleh beragam pidato dari para pejabat Fed, AxiTrader memperkirakan jika isi pernyataan mereka hanya akan menggaungkan kembali pesan Jerome Powell dalam Statement kebijakan minggu lalu.

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan.

Arsip Analisa By : AxiTrader

AxiTrader merupakan broker yang beroperasi di bawah perusahaan AxiCorp Financial Services Pty Ltd (AxiCorp). Broker ini berupaya menyajikan layanan trading kredibel dengan fitur VPS gratis di semua akun.

Pair Rate    
AUD/JPY 74.02 74.02 3
AUD/USD 0.6806 0.6806 -2
EUR/CHF 1.0964 1.0964 8
EUR/USD 1.1067 1.1067 -6
GBP/JPY 140.85 140.85 9
GBP/USD 1.2951 1.2951 -1
NZD/USD 0.6403 0.6403 5
USD/CAD 1.3204 1.3204 -1
USD/CHF 0.9907 0.9907 12
USD/JPY 108.76 108.76 8
19 Nov 15:10