Advertisement

iklan

Outlook Pasar Mingguan: Corona Masih Sebarkan Risk Aversion

Aset-aset berisiko tinggi cenderung menghadapi tekanan bearish, sementara safe haven berpeluang menguat lebih lanjut.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Minggu ini, mata uang safe haven dan emas berpotensi kembali mendulang kenaikan dari Risk Aversion. Pasalnya,  oleh angka kematian akibat virus Corona terus naik dan kini mencapai 900 jiwa. Di sisi lain, mata uang komoditas cenderung tertekan, dengan AUD dan NZD yang menderita penurunan signifikan seiring menguatnya ketakutan pasar terhadap Corona dan pengaruhnya pada perekonomian dunia.

Korban virus Corona yang mencapai lebih dari 900 jiwa telah melampaui angka kematian akibat wabah SARS sekitar 20 tahun silam. Pemerintah China setidaknya telah menggelontarkan 10 miliar Dolar AS untuk mengendalikan pandemik ini, dan mulai meminta bantuan medis dari pakar-pakar luar negeri yang kini mulai berdatangan di daerah titik penyebaran Corona.

Bagaimana outlook pasar di tengah situasi saat ini?

 

USD/JPY

Harga menghadapi tekanan bearish dari Resistance terdekat yang ditempatkan analis AxiTrader dalam grafik berikut ini, sehingga ada peluang penurunan menuju level Support. Outlook ini turut didukung oleh sinyal overbought Stochastic.

USDJPY

 

GBP/USD

Tak jauh berbeda dari pair sebelumnya, GBP/USD juga menghadapi Resistance yang bisa menghalangi kenaikan harga dan menjadi titik balik penurunan ke Support terdekat. Sinyal indikator yang mendukung perspektif ini adalah Ichimoku.

GBPUSD

 

USD/CNH

Sesuai outlook teknikal yang tergambar pada chart di bawah ini, harga berpeluang besar kembali melemah setelah membentuk resistance pertama. Sinyal indikator Stochastic yang sudah menunjukkan overbought juga mendukung outlook bearish ini.

USDCNH

 

SPX (S&P500)

Harga menghadapi tekanan bullish dari awan Ichimoku dan EMA 20. Selama harga bertahan di atas Support saat ini, AxiTrader menilai jika outlook untuk aset ini tetap bullish dan bahkan berpeluang menembus Resistance.

SPX

 

XAU/USD

Harga terlihat mendekati zona Support di sekitar 1539.83 sebelum memantul naik. Potensi kenaikan terbatas merupakan skenario yang bisa dipertimbangkan, mengingat emas bisa menanjak ke level Resistance pertama di 1592.06. Indikator teknikal juga berirama bullish, terlihat dari pergerakan harga di atas Moving Average dan sinyal RSI di atas Support.

XAUUSD

 

WTI/USD (USOIL)

Harga saat ini bertahan di antara Support 47.66 dan Resistance 54.35. Dengan indikator teknikal yang menampakkan sinyal beraga, harga kemungkinan berlanjut sideways atau berpotensi turun terbatas.

WTI

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan.

Arsip Analisa By : Axitrader

AxiTrader merupakan broker yang beroperasi di bawah perusahaan AxiCorp Financial Services Pty Ltd (AxiCorp). Broker ini berupaya menyajikan layanan trading kredibel dengan fitur VPS gratis di semua akun.