Outlook Teknikal Emas: Aksi Reversal Dari Seller Mulai Terlihat

Eksistensi Seller mulai tampak setelah logam kuning ini tertolak dari Resisten Area 1321, sehingga membuat Emas berada dalam fase korektif.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Setelah harga emas berakhir lebih tinggi dan menjadikannya rally terpanjang selama sembilan sesi berturut-turut pada hari Rabu yang didukung oleh pelemahan dolar baru-baru ini dan permintaan safe haven meningkat terkait demonstrasi di Iran, emas akhirnya terkoreksi pasca rilis notulen The Fed yang memuat perbedaan pendapat sangat tajam mengenai suku bunga untuk tahun ini.

Dari pandangan teknikal sendiri, seperti yang tampak pada chart daily berikut ini bahwasanya candle bearish yang terbentuk dekat dengan resisten 1321.69 yang mengindikasikan adanya penolakan dari level area tersebut. Akankah pergerakan korektif ini semakin berlanjut? Kita lihat saja selanjutnya.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1308. Sempat menguat pada awal sesi perdagangan, namun emas ditutup melemah hingga 1307 pada penutupan perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Pergerakan korektif emas sudah mulai tampak saat terjadi rejection pada resisten area 1321.69, yang lalu diikuti oleh aksi sell-off beberapa jam setelahnya. Sempat terjadi sideways di support area 1314, emas akhirnya melemah kembali pasca rilis notulen The Fed yang kemudian membawa logam ini menuju level support berikutnya pada area sekitar 1308. Aksi korektif ini semakin diperkuat dengan terbentuknya bearish candle pada grafik harian. Dengan demikian, melihat keadaan dan peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Sell kini berada pada level support 1308.42. Jika harga kembali turun hingga berada di sekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga, peluang SELL dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali terkoreksi setidaknya hingga menguji level support 1300. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  2. Sedangkan sebagai rencana alternatif, perhatikan harga jika terdapat pullback hingga 1314.54. Jika ternyata terjadi pembalikan harga hingga mendekati atau bahkan menembus level 1314.54, maka ada kemungkinan harga akan pulih kembali. Maka disarankan untuk mencari peluang Buy yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang BUY hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level 1314.54 maka logam ini akan melanjutkan rally nya minimal pada level 1321.69. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1339.37
R2    : 1329.13
R1    : 1321.69
Pivot: 1314.54
S1    : 1308.42
S2    : 1300
S3    : 1288


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.