Advertisement

iklan

Outlook Teknikal Emas: Bergerak Bearish Hingga 1308

Emas akhirnya mulai memasuki lajur korektif sehingga membuat bias intraday menjadi Bearish.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas bergerak melemah dan berakhir lebih rendah untuk kedua kalinya pada perdagangan kemarin. Emas melemah seiring dengan pulihnya pasar ekuitas dan dollar AS, sehingga memudarkan daya tarik investor kepada aset haven. Pulihnya pasar saham dan ekuitas di Eropa dan Asia juga menunjukkan optimisme pertumbuhan global, sehingga daya tarik logam ini mulai dikesampingkan.

Logam bullion untuk pada bursa berjangka telah kehilangan gain sebesar 0.5% ke level $1313.38/ons, dan berada di level $1314.42 pada sesi perdagangan London dan berakhir lebih rendah pada penutupan sesi New York, Selasa kemarin. RSI 14 hari logam ini telah mencapai di atas angka 70 sejak awal Januari, mengindikasikan bahwa logam ini mungkin sudah overbought.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1309. Emas akhirnya bergerak korektif hingga kisaran 1308 pada sesi perdagangan kemarin.


XAUUSD H1

 

Emas mulai terlihat untuk bergerak memasuki lajur korektif hingga 1308, dan bahkan mungkin akan mencari level yang lebih rendah. Pada time frame Hourly juga mulai terlihat pergerakan bearish yang semakin solid. Indikator RSI dan OsMA telah berubah haluan dari pembacaan sentimen sideways menjadi sentimen bearish. Keadaan teknikal ini juga didukung oleh indikator Bollinger Band yang kini sedang condong bergerak ke bawah. sedangkan harga bergerak di bawah garis tengahnya yang mengindikasikan sentimen bearish sedang dominan saat ini. Dengan demikian, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat digunakan sebagai acuan trade kali ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu mencoba peluang Sell. Sedangkan level untuk acuan entry poin yang perlu diperhatikan adalah level support 1308.42. Jika harga kembali melemah hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga, peluang SELL dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan terus terkoreksi setidaknya hingga menguji level psikologis 1300. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  2. Sedangkan sebagai rencana alternatif, jika harga menguat kembali menuju 1314.54 dan bahkan menembus area tersebut, maka posisi Buy bisa diambil. Maka disarankan untuk mencari peluang Buy yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang BUY hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level 1314.54 maka logam ini akan pulih kembali minimal pada level 1319.27. Stop loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1329.13
R2    : 1322.66
R1    : 1319.22
Pivot: 1314.54
S1    : 1308.42
S2    : 1300
S3    : 1295.17


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Andreas Minami
Mantap pak analisanya! Sudah hit TP pak posisi buy hari ini!!! Semoga makin sukses buat pak erik.