Outlook Teknikal Emas : Bergerak Bullish Hingga 1330

282349

Secara Perlahan, pergerakan bullish emas mulai terlihat dan membuat bias Intraday juga menjadi bullish

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali bergerak lebih tinggi, mencetak rekor tertinggi dalam sepekan ini, seiring dengan pergerakan Dolar yang kembali melemah. Dolar AS loyo kembali terhadap saingan utamanya pada perdagangan Selasa kemarin, terutama melawan Yen Jepang, karena saham yang menunjukkan tanda-tanda pelemahan pasca rebound dari gejolak sebelumnya.

Melanjutkan penurunan sebelumnya, Indeks ICE Dolar yang mengukur mata uang terhadap enam saingan utama, turun 0.6% menjadi 89.633. Indeks tersebut sempat rebound dan memperoleh kenaikan mingguan terbaik sejak Desember 2016 pada minggu lalu.

XAUUSD Daily


Analisa Dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1332. Emas ditutup menguat hingga pada sesi trading Selasa kemarin (13/Februari).

XAUUSD H1

Dari grafik per-jam tersebut, nampak bahwa pergerakan bullish logam mulia emas sudah mulai tampak. Hingga saat analisa ini ditulis pun, aksi bull emas masih terbilang sangat aktif. Pembacaan indikator teknikal pun yang sebelumnya masih mengambang dan tidak mencerminkan bias apapun, kini telah berubah menjadi bias bullish. Semenjak pair logam mulia ini tertolak dari level Fibonacci Retracement 38.2, harga mulai pulih secara perlahan bila dipandang secara teknikal. Melihat peluang yang ada, maka bias intraday emas secara teknikal adalah BULLISH.

Namun, masih ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai poin entry, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama hari ini akan mencoba peluang Buy. Peluang Buy masih bisa memanfaatkan area acuan pada analisa Selasa kemarin, yaitu pada level 1329.13. Saat analisa ini ditulis, level tersebut sedang diuji harga. Sedangkan untuk Anda yang berencana mengambil posisi ekstra, level resistance selanjutnya yang berada pada 1335.39 dapat dipertimbangkan sebagai acuan Buy tambahan. Maka tunggu hingga harga bergerak disekitar area tersebut sebelum membuka posisi Buy. Level tersebut bekerja sebagai pintu pembuka untuk pergerakan emas selanjutnya, jika level tersebut dapat ditembus dan terkonfirmasi. Jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Apabila skenario breakout ini valid, maka emas akan kembali naik hingga menguji level 1341.04. Seperti biasa, Stop Loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.

  2. Sebagai alternatif, perhatikan jika harga menguji kembali dan menembus level support 1322.75. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka emas justru akan kembali pada jalur korektifnya. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell sesaat setelah mendapatkan peluang yang terkonfirmasi di sekitar area support. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level terkonfirmasi. Apabila skenario tersebut terpenuhi, harga akan kembali terkoreksi setidaknya ke level 1314.57. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami risiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1345.47
R2    : 1341.04
R1    : 1335.39
Pivot: 1329.13
S1    : 1322.75
S2    : 1314.57
S3    : 1308.42


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.