OctaFx

iklan

Outlook Teknikal Emas : Bergerak Tipis Di Sekitar Resisten Area 1357

Emas Bergerak Sideways Seakan Menjadi Pertanda Akan Koreksi Atau Justru Sinyal Awal Untuk Pergerakan Bullish Yang Lebih Tinggi

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam kuning emas ini kembali tertekan pada hari Jumat kemarin, namun emas masih mencatatkan keuntungan dan masih tetap berada di jalur hijau pada kaleidoskop mingguan. Banyak faktor yang mempengaruhi pergerakan emas, seperti komentar Trump mengenai kebijakan dollar yang terjadi baru-baru ini misalnya.

Harga emas mulai turun pada perdagangan bursa berjangka pada hari Jumat kemarin setelah Presiden Donald Trump mengatakan bahwa dia ingin melihat dolar yang lebih kuat dan menyatakan optimisme bahwa mata uang AS yang terperosok ini akan menguat kembali secepatnya.

Sedangkan dari pandangan teknikal, seperti yang tampak dari grafik harian dibawah ini bahwa emas kembali bergerak dekat dibawah level resisten 1357. Tampak pula telah terjadi banyak rejection pada level tersebut yang mengindikasikan level tersebut belum mampu dilewati oleh buyer emas ini. Harga emas sudah mencapai level resisten disekitas area 1357, yang mana level tersebut semakin kuat karena didukung oleh kondisi overbought dari indikator teknikal. Melihat kondisi tersebut, maka rejection yang terjadi pada level tersebut sangatlah wajar terjadi. 

XAUUSD Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1350. Emas sempat menguat dan menyentuh harga pada level 1357 sebelum akhirnya ditutup lebih rendah pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

Logam kuning ini terlihat bergerak sideways semenjak perdagangan kemarin sehingga membuat range pergerakan menjadi kecil. Kondisi sideways ini semakin dipersolid dengan pembacaan dari indikator teknikal RSI dan OsMA yang bergerak mendatar. Indikator Bollinger Band yang terlihat mulai bergerak menyempit juga mengkonfirmasi pergerakan sideways saat ini. Semenjak tertolak dari level resisten dan membuatnya terkoreksi hingga ke level sekitar 1345, emas bergerak sideways sembari menunggu momentum selanjutnya. Apakah emas akan mulai memasuki fase korektif? Atau emas justru bersiap untuk melangkah lebih tinggi lagi? Apapun itu, kita lihat saja nantinya. Dengan demikian, untuk saat ini bias emas masih NETRAL.

Namun masih ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama hari ini yaitu masih mencoba peluang Buy dengan harapan bahwa logam ini akan melanjutkan rally nya. Karena pada umumnya, tren utama logam ini adalah uptrend. Area acuan yang perlu diperhatikan untuk skenario ini berada pada level resisten sekitar 1352.15. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali melanjutkan rally nya hingga menguji level 1357.15 sebelum akhirnya menuju 1364.88 kembali. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan sebagai rencana alternatif Buy lainnya, level support 1345.47 juga perlu diperhatikan. Perhatikan jika harga kembali melemah dan tertahan disekitar area tersebut, maka cari perluang Buy yang terkonfirmasi dikitar area 1345.47 tersebut. Penggunaan indikator oscillator dan penerapan price action dapat mempermudah anda mencari entry poin. Sehingga peluang Buy dapat diambil pasca sinyal dari konfirmator bouncing tersebut. Dengan begitu, peluang BUY hanya berlaku jika bounce level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini tertolak dari level tersebut, maka logam ini akan rebound kembali hingga 1352.15 atau bahkan lebih. Stop Loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat atau maksimal pada area 1339.37 dengan tetap mempertimbangkan risk:reward minimal 1:1.

  3. Namun waspadai jika level 1345.47 justru tertembus dan terkonfirmasi. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka seller logam ini akan kembali mengambil alih pasar dan membuat logam ini terkoreksi semakin dalam. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell sesaat mendapatkan peluang yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan terkoreksi minimal pada level 1339.37. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1374.92
R2    : 1364.88
R1    : 1357.15
Pivot : 1352.15
S1    : 1345.47
S2    : 1339.37
S3    : 1334.10


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.