Outlook Teknikal Emas : Kembali Bearish Hingga Kisaran 1267

280837

Emas Kembali Melemah Hingga 1267 Dan Peluang Sell Dapat Dicoba Pasca Breakout Level Tersebut

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam mulia emas akhirnya kembali tertekan setelah sempat menguat pada perdagangan kemarin. Logam ini terus tertekan seiring dengan penguatan dollar yang terjadi hingga saat ini. Harga emas ditutup lebih rendah pada perdagangan kemarin dikisaran 1267 seiring dengan penguatan dollar dan mencatatkan kerugian sekitar 1.1% untuk bulan kemarin.

Para investor dan pelaku pasar terus memantau perkembangan kebijakan moneter dari The Fed Kamis esok, dan juga tentang keputusan Presiden Donald Trump untuk siapa yang akan memimpin bank sentral tersebut, yang akan diperkirakan pada minggu ini. Hingga saat in, harga emas terus merosot setidaknya hingga pada harga $1269 per ounce.
XAUUSD DAILY

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1269. Pergerakan yang dihasilkan pada perdagangan kemarin membuat logam kuning ini kembali melemah hingga level 1267.
XAUUSD H1

Setelah tertolak dari area resisten 1277, logam kuning ini akhirnya kembali melemah hingga pada level support 1267.83. Hingga saat ini, saat analisa ini ditulis, harga masih menunjukkan sentimen jual yang solid sehingga masih ada kemungkinan untuk mempenetrasi satu level support dibawahnya. Indikator teknikal RSI dan OsMA juga memberikan pembacaan sinyal jual untuk saat ini. Diiringi juga dengan harga yang kini bergerak dibawah garis tengah Bollinger Band yang juga menunjukkan sentiment jual. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade hari ini adalah SELL.

Adapun scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1269. Skenario kali ini adalah masih mencoba peluang Sell. Pada saat analisa ini ditulis tampak bahwasanya seller emas sedang menunjukkan eksistensinya untuk menguji level support 1267.88. Level inilah yang akan dijadikan acuan entry kali ini. Jika harga kembali mempenetrasi level 1267.88 tersebut dan terkonfirmasi sehingga stabil bergerak dibawahnya, maka posisi Sell dapat dibuka. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry dan terkonfirmasi. Jika breakout ini valid maka sejatinya pair ini akan kembali menuju level 1264.18. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.
  2. Namun waspadai jika level 1271.65 ini tertembus. Jika level ini tertembus dan bahkan terkonfirmasi maka pair ini akan melanjutkan pergerakan bullishnya. Level ini juga dapat digunakan sebagai acuan level entry Buy. Jika harga mampu menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka ada indikasi bahwa logam ini rebound kembali. Dengan kata lain, posisi BUY dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1271.65. Stop loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat dengan take profit dapat diletakkan pada level 1277.88.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1288
R2 : 1283.24
R1 : 1277.88
Pivot : 1271.65
S1 : 1267.83
S2 : 1264.18
S3 : 1257.03

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.