Advertisement

iklan

Outlook Teknikal Emas: Masih Berkonsolidasi Di Sekitar FR 23.6

282226

Emas masih bertahan di sekitar level FR 23.6, sehingga masih memerlukan konfirmasi lanjutan, agar dapat bergerak secara pasti kembali.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga logam mulia emas kembali mandapatkan keuntungan pasca aksi sell-off yang dipicu oleh baiknya data NFP akhir pekan lalu. Penguatan yang terjadi pada perdagangan kemarin lebih disebabkan karena efek samping dari runtuhnya pasar ekuitas AS. Pasar ekuitas AS dibuka lebih rendah pada hari Senin karena investor tetap bersikap skeptis menyusul aksi sell-off mingguan terbesar dalam dua tahun.

Keadaan semakin diperburuk karena hampir semua ekuitas global berada di zona merah. Dow Jones Industrial Average (DJIA) kehilangan 313 poin, atau 1.2 % ke level 25.207. Indeks S&P 500 turun 21 poin atau 0.8 % ke level 2.739, sedangkan Indeks Nasdaq Composite merosot 71 poin atau 1% ke level 7.169. Sehingga, dengan runtuhnya pasar ekuitas tersebut membuat para investor kembali beralih pada aset safe haven seperti emas.  

Sementara itu dari tinjauan teknikal, emas kembali bergerak diatas (namun masih berada disekitar) level Fibonacci Retracement 23.6. Setelah sebelumnya sempat tertekan hingga dibawah level tersebut, namun nyatanya emas kembali terdukung baik dari segi fundamental maupun teknikal.

Dari segi fundamental tentu emas memanfaatkan momentum ketika runtuhnya pasar ekuitas saat ini. Dan dari segi teknikal, emas dalam jangka panjang memang masih memiliki tren naik hingga saat ini. Hanya saja, melihat posisi harga yang masih berada di sekitar level penting Fibonacci Retracement, sehingga seolah membuat pergerakan emas masih tertahan. Oleh karena itu, berbagai macam kemungkinan masih dapat terjadi jika logam ini masih berada di sekitar area tersebut, sebelum adanya konfirmasi dari pergerakan yang signifikan.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1340. Emas ditutup menguat kembali hingga ke level 1341 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Dari grafik per-jam tersebut nampak bahwa emas terlihat kembali menguat. Harga kembali bergerak di atas garis tengah Bollinger Band, dengan posisi Bollinger Band tersebut kini mulai bergerak condong ke atas yang mengindikasikan tren naik kembali tercipta, bahkan untuk frame jangka pendek hourly. Tren naik tersebut juga didukung oleh indikator teknikal RSI dan OsMA yang juga memberikan pembacaan bullish untuk pair ini. Dengan demikian, melihat peluang teknikal yang ada, maka bias untuk trade kali ini adalah BULLISH.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu Buy. Area acuan yang perlu diperhatikan untuk skenario ini berada pada level resisten sekitar 1345.47. Level tersebut bekerja sebagai pintu pembuka untuk pergerakan emas selanjutnya. Jika level tersebut dapat ditembus dan terkonfirmasi, maka akan memungkinkan untuk logam ini bergerak naik kembali. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali naik hingga menguji level 1352.15. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sebagai alternatif, perhatikan jika harga kembali terkoreksi hingga dan menembus level support penting 1334.10. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka logam ini justru akan terkoreksi kembali. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell sesaat mendapatkan peluang yang terkonfirmasi di sekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan kembali terkoreksi setidaknya pada level 1329.13. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1357.15
R2    : 1352.15
R1    : 1345.47
Pivot : 1339.37
S1    : 1334.10
S2    : 1329.13
S3    : 1322.75


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.