OctaFx

iklan

Outlook Teknikal Emas: Masih Stabil Di Area 1260

Emas kembali bergerak sideways, namun kemunculan Candle Doji bisa jadi pertanda untuk akhir dari pergerakan sideways tersebut.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas bergerak stabil di sekitar level tertinggi mingguannya pada hari Selasa, seiring melonjaknya yield Treasury dan menguatnya Dolar dari posisi terendah sesi menjelang pemungutan suara DPR tentang undang-undang yang akan memangkas tingkat pajak perusahaan. Penguatan logam mulia emas yang terjadi belakangan ini lebih disebabkan oleh Dolar yang lebih rendah, dan ketidakpastian inflasi dan ekonomi yang terkait dengan kemungkinan pemotongan pajak.


Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat meloloskan RUU Pajak Partai Republik pada hari Selasa, memberikan undang-undang kemajuan selangkah lebih dekat untuk diberlakukan. Sebelumnya, Undang-Undang tersebut dilimpahkan ke Senat, di mana Mitch McConnell mengatakan akan mengajukan pemungutan suara pada Selasa malam. RUU tersebut akan memotong tingkat pajak korporat dan individu serta menggandakan kredit pajak anak, di antara banyak langkah lainnya. Jumlah suara dalam voting di DPR adalah 227 melawan 203, meski tanpa perwakilan partai Demokrat yang mendukung RUU tersebut.


Secara teknikal, pergerakan sideways ini akhirnya diperkuat dengan munculnya candle doji pada penutupan perdagangan kemarin. Tak hanya itu, kemunculan candle doji ini juga berdekatan dengan level resisten area pada 1263.14, yang mana akan memungkinkan untuk reversal.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1261. Emas masih bergerak sideways di kisaran 1250 hingga 1260 pada pekan ini.

XAUUSD H1

 

Perhatikan chart H1 di atas. Secara teknikal, terlihat pada grafik tersebut bahwasannya market logam kuning ini kembali begerak sideways. Penyempitan indikator Bollinger Band menjadikan bias pada timeframe Hourly menjadi netral. Tak hanya itu, pergerakan sideways ini juga didukung oleh indikator teknikal lainnya seperti RSI dan OsMA. Kedua indikator tersebut terlihat belum memberikan sinyal yang jelas.

Belum selesai sampai disitu, market logam kuning ini sepertinya juga sedang tertahan pada resisten area 1260-1264 (light blue zone). Terlihat banyak sekali pergerakan choppy pada area tersebut yang mengindikasikan harga sedang tertahan pada level tersebut. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk acuan trade kali ini adalah NETRAL.

Namun, masih ada skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, berikut ulasannya:

  1. Skenario untuk peluang Buy kini berada pada level resisten 1264.10. Level resisten ini berperan penting menjelang pergerakan selanjutnya. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka harga akan melanjutkan rally-nya. Cari peluang Buy jika harga telah menembus level tersebut. Sehingga, peluang Buy dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat setidaknya hingga 1267.72. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level 1257.10 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah kembali setidaknya hingga 1252.78. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1281.15
R2    : 1274.43
R1    : 1267.72
Pivot    : 1264.10
S1    : 1257.10
S2    : 1252.78
S3    : 1246.12

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.