Advertisement

iklan

Outlook Teknikal Emas : Masih Stabil Di Sekitar Area 1268

281612

Emas Masih Dalam Kondisi Sideways Yang Cenderung Bullish Karena Volatilitas Rendang Jelang Libur Natal

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas tak bergerak banyak namun masih berada pada level tertinggi dua minggu di hari Kamis kemarin, disebabkan oleh saham dan dolar yang sedang tenang karena pasar masih mengamati dan mencerna prospek program tagihan pajak AS yang baru.

Selain itu, hasil data-data ekonomi pada kamis kemarin, termasuk angka PDB yang direvisi, klaim pengangguran dan pertumbuhan regional, semuanya merupakan laporan yang dapat mengisi beberapa celah dan menjadikan petunjuk bagi para investor untuk memperkirakan kemungkinan kenaikan suku bunga di tahun depan. Emas berjangka sedikit lebih tinggi pada Kamis untuk membukukan keuntungan yang positif karena para pedagang mengamati dolar dan menilai dampak dari sebuah perombakan pajak yang diselesaikan Kongres sehari sebelumnya.

Pada perdagangan Kamis kemarin, kontrak emas berjangka untuk pengiriman bulan Februari, turun $1, atau kurang dari 0.1% ke level $1268.70 per ons.
XAUUSD Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada diarea 1266. Emas menguat tipis hingga area 1268 pada perdagangan kemarin.
XAUUSD H1

Secara teknikal, emas masih berada pada keadaan konsolidatif. Pergerakan konsolidasi yang cenderung bullish ini terjadi diakibatkan para investor sedang mengamati program pajak yang baru. Disamping itu, beberapa investor dan trader lebih memilih membukukan keuntungan dan keluar dari pasar menjelang libur Natal sehingga menyebabkan volatilitas menjadi rendah. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk acuan trade kali ini adalah NETRAL.

Namun, masih ada scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin, berikut ulasannya:

  1. Skenario untuk peluang Buy masih sama seperti ulasan sebelumnya yang berada pada level resisten 1267.72. Level resisten ini berperan penting menjelang pergerakan selanjutnya. Pasalnya jika level resisten ini ditembus, maka sejatinya emas akan melanjutkan relinya hingga resisten selanjutnya. Jika harga kembali naik hingga berada disekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka cari peluang Buy disekitar area tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat setidaknya hingga 1274.43. Stop Loss dapat diletakkan dibawah swing low terdekat.
  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level 1264.10 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini dan dapat dicoba untuk peluang Sell jangka pendek. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil dibawahnya, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah tipis setidaknya hingga 1260.50. Stop loss dapat diletakkan diatas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1288
R2    : 1281.15
R1    : 1274.43
Pivot    : 1267.72
S1    : 1264.10
S2    : 1260.50
S3    : 1257.10

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.