Advertisement

iklan

Pasar Gamang Sikapi Normalisasi Ekonomi, Dolar AS Tertekan

Prospek berjalannya kembali aktivitas ekonomi pasca lockdown memicu optimisme baru. Namun, risiko penyebaran infeksi Corona gelombang dua juga menjadi kekhawatiran.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Pekan lalu, sentimen pasar cenderung penuh ketidakpastian. Pasalnya, investor menimbang langkah normalisasi ekonomi di sejumlah negara versus risiko gelombang infeksi Corona kedua. USD melemah karena antisipasi pelaku pasar terhadap suku bunga negatif The Fed, dan angka Klaim Pengangguran yang semakin kritis.

Harga minyak bergerak menguat dan melampaui upside dari sebuah pola yang banyak ditafsirkan sebagai formasi Pennant. Menurut pengamatan AxiTrader, ini merupakan sinyal bahwa market secara perlahan mulai mengatur ulang keseimbangannya, seiring dengan semakin banyaknya produsen-produsen minyak mayor yang mengumumkan pemangkasan suplai. Sementara itu, harga emas terus berarak naik selama beberapa minggu terakhir, didukung oleh lanskap makroekonomi terkini.

 

USD/JPY

Secara teknikal, harga berada di antara Resistance dan Support pertama. Level Support tersebut bertepatan dengan garis-garis Support horizontal lain yang overlap dengan Fibo Extension 78.6%. MACD menunjukkan bahwa histogram belum mengindikasikan arah yang jelas, sehingga sentimen market-nya cenderung beragam.

USDJPY

 

GBP/USD

Harga berbalik melemah cukup signifikan dan kini berkisar di bawah Resistance pertama. Outlook AxiTrader masih bearish selama harga bertahan di bawah Resistance, yang kemunculannya berdekatan dengan Fibo Retracement 23.6%. Awan Ichimoku dan RSI juga mengidentifikasikan tekanan bearish yang sejalan dengan bias saat ini.

GBPUSD

 

USD/CNH

Harga berpeluang bearish setelah menguji Resistance pertama, yang kebetulan beriringan dengan level Fibo Extension 127% dan Swing High horizontal. MACD tengah menunjukkan sinyal kenaikan terbatas, dan kemungkinan akan diikuti dengan penurunan dari Resistance pertama.

USDCNH

 

SPX

Harga menguji level Resistance pertama dan Fibo Retracement 61.8%. Penembusan di bawah Support pertama akan memicu akselerasi bearish menuju level Support kedua.

SPX

 

XAU/USD

Selama minggu lalu, harga emas menembus Resistance descending trendline yang kini berubah menjadi Support. Pergerakan harga juga memperkuat pengujiannya lebih lanjut terhadap Resistance pertama di area 1736.31. Penurunan jangka pendek menuju Support pertama di 1713.76 menjadi skenario yang memungkinkan, terutama dengan Stochastics yang naik ke sebuah Resistance teruji. Sebaliknya, kenaikan harga melampaui Resistance pertama akan membuka jalan penguatan menuju Resistance kedua.

XAUUSD

 

WTI/USD

Harga minyak akhirnya menembus pola Pennant ke arah atas, ditopang oleh prospek pemotongan produksi lebih lanjut oleh produsen-produsen mayor. Dengan harga yang bertahan di atas Moving Average, AxiTrader memperkirakan jika minyak berpeluang melanjutkan kenaikan jangka pendek hingga Resistance pertama di 29.42. Level tersebut sekaligus bertepatan dengan Swing High yang terbentuk pada awal April silam.

WTIUSD

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan. Info lebih lanjut bisa disimak di situs AxiTrader.

Arsip Analisa By : Axitrader
292955

AxiTrader merupakan broker yang beroperasi di bawah perusahaan AxiCorp Financial Services Pty Ltd (AxiCorp). Broker ini berupaya menyajikan layanan trading kredibel dengan fitur VPS gratis bagi klien yang memenuhi standar minimal lot tertentu.