Pengangguran AS Meningkat, Buat Emas Sentuh Harga Tertinggi Tahun Ini

Dari chart H1 nampak bahwa emas berhasil mencetak level tinggi baru dan keluar dari zona sideways guna melanjutkan rally yang sedang berlangsung hingga saat ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas berhasil mencetak rekor tertinggi baru pada tahun ini di level 1350. Rally yang berhasil dilakukan kemarin semakin memperkuat pergerakan rally selama dua pekan ini.

Bull pair ini bangkit kembali setelah selama hampir empat hari perdagangan menunjukkan aktivitas yang tidak menggairahkan. Emas untuk pengiriman Desember naik $11.60, atau 0.8% menjadi $ 1350.60 per ons. Penyelesaian di sekitar level ini akan menjadi yang tertinggi sejak awal September untuk kontrak yang paling aktif, menurut data FactSet. Dana yang diperdagangkan di bursa SPDR Gold naik 0.6%.

Setelah sempat terombang-ambing pada range area terbatas, Bull berhasil mengeluarkan logam mulia ini dari zona sideways menuju trend up, melanjutkan pergerakan rally-nya. Ditambah lagi dengan data pengangguran AS minggu lalu yang mengalami lonjakan terbesar semenjak November 2012, karena puluhan ribu orang yang mengungsi akibat badai Harvey mengajukan permohonan tunjangan, menurut data dari Depnaker setempat. Singkatnya, Emas menguat karena klaim pengangguran AS mengalami lonjakan terbesar sejak 2012 dan dolar melemah.

Dari pandangan teknikal sendiri, seperti yang terlihat pada grafik Weekly berikut ini, bahwa emas telah berada pada level baru yang memungkinkan untuk mencetak new high pada tahun ini. Dari kaleidoskop jangka panjang, terlihat logam ini akan menuju level 1375.03 dengan level 1326.09 sebagai penjaga kestabilan tren naik yang sedang berjalan saat ini.

XAUUSD Weekly

 

Analisa dan Rekomendasi

Dari chart H1 berikut nampak bahwa emas berhasil mencetak new high dan keluar dari zona sideways guna melanjutkan rally yang sedang berlangsung hingga saat ini. Meskipun kemarin sempat terkoreksi, nyatanya belum mampu untuk membawa logam kuning ini kedalam fase korektif sepenuhnya.

XAUUSD H1

Didukung oleh data dari Depnaker AS yang menyatakan bahwa klaim pengangguran mereka meningkat, berhasil membangunkan Bull XAU/USD ini untuk mendorong naik hingga level 1350 kemarin. Dengan menunjukkan breakout yang meyakinkan, telah memastikan bahwa tren naik telah aktif kembali. Walau belum terkonfirmasi secara utuh, namun setidaknya telah memberikan gambaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan bahwasannya untuk saat ini harga didominasi oleh kubu buyer. Oleh karena itu, berdasarkan beberapa kemungkinan dan peluang yang ada maka keputusan yang bisa diambil untuk acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini tentu adalah Buy pada level terdekat, yaitu 1352.15. Dengan harapan logam ini akan melanjutkan pergerakan rally-nya, maka level tersebut cocok untuk digunakan sebagai entry point. Maka perhatikan level 1352.15 yang akan digunakan sebagai entry point. Jika logam ini berhasil menembus level resisten 1352.15 dan terkonfirmasi stabil bergerak di atasnya, maka posisi Buy dapat dibuka dengan aman. Melewati level tersebut akan membawa logam ini terus naik dan melanjutkan rally-nya hingga 1364.88. Stop level dapat ditempatkan beberapa poin di bawah swing low terdekat.
  2. Jika ada perlawanan dari kubu seller, maka waspadai jika pair XAU/USD merosot kembali. Level 1345.75 kali ini berfungsi sebagai level konfirmator jika ternyata terdapat tekanan dari para seller. Waspadai jika level support 1345.75 dapat ditembus oleh seller. Jika terkonfirmasi penembusan yang dilakukan seller pada pair ini, maka opsi yang dapat anda ambil adalah memasang posisi Sell. Pasalnya jika logam ini mendapat tekanan hingga di bawah level tersebut, maka ada indikasi akan terus tertekan hingga 1339.37. Stop loss dapat ditempatkan beberapa poin di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1375.03
R2 : 1364.88
R1 : 1352.15
Pivot : 1345.75
S1 : 1339.37
S2 : 1330.20
S3 : 1321.84

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Jerin
analisanya Super..! dan selalu menjadi salah satu referensinya saya, tq bro, salam profit
Richard
KEMUNGKINAN TOP RESISTENSI BISA DI LEWATI R3 = 1380