OctaFx

iklan

Pergerakan Tak Stabil Gold, Apakah Akan Berakhir Hari Ini?

279795

Sinyal candle doji pada 1 Agustus kemarin agaknya dapat dijadikan pertanda bahwa kekuatan buyer sudah mulai berkurang.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Hari ini adalah hari yang dinanti oleh para investor, pelaku pasar, spekulan maupun trader ritel. Diumumkannya hasil NFP nanti malam akan menjawab sudah semua pertanyaan dan spekulasi para pelaku pasar.

Pasar XAU/USD kini sedang dalam fase korektif sideways sejak menyentuh 20-day high pada 1274, 1 Agustus kemarin. Kedua belah pihak, baik seller maupun buyer sama-sama mengambil tindakan preventif selama sepekan ini menjelang diumumkannya laporan Payrolls untuk bulan Juli nanti malam. Tindakan tersebutlah yang menyebabkan ketidapastian sehingga membuat pasar logam mulia ini menjadi tidak stabil selama beberapa hari perdagangan. Tarik ulur pun terjadi sehingga XAU/USD hingga kinipun masih diperdagangkan dengan range yang sangat terbatas. 

Dalam pandangan teknikal, XAU/USD masih diperdagangkan di harga 1268. Selama satu pekan inipun, logam ini diperdagangkan dalam range yang sangat terbatas. Pada grafik harian berikut ini, logam ini masih belum bisa merangkak naik dan menembus resistan di area sekitar 1270, serta enggan untuk turun melewati support area sekitar 1260, sehingga menyebakan pair ini diperdagangkan dalam keadaan ranging.

Sinyal candle doji pada 1 Agustus kemarin agaknya dapat dijadikan pertanda bahwa kekuatan buyer sudah mulai berkurang. Tak hanya itu, terhambatnya jalan buyer pada resistant 1270-1274 dapat dijadikan bukti bahwa buyer harus menembus level tersebut agar dapat melanjutkan pergerakannya.

Ditambah lagi munculnya Hidden Bearish Divergence yang dihasilkan dari indikator OsMA, kiranya akan menambah tantangan pada kubu buyer. Jika kekuatan seller sangat kuat sehingga dapat menekan harga ke bawah dan membuat Hidden Divergence ini menjadi valid dan terkonfirmasi, bukan tidak mungkin logam mulia ini akan sedikit mengendur.

 XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Pada chart H1 tampak bahwa harga masih berkonsolidasi. Harga saat ini diperdagangkan di area 1268. Setelah gagal menembus support awal pada area 1260-an pada pengujian kemarin, logam ini kini terpantul kembali ke area 1270 dan kembali diperdagangkan di area 1268.

Secara teknikal, RSI menunjukkan keadaan Buy karena berada di atas level 50. Sedangkan indikator OsMA masih berada di area positif yang menunjukkan sinyal beli, namun jika dilihat dengan seksama tampaknya terdapat pelemahan. Sedangkan kali ini indicator OsMA memunculkan Hidden Bearish Divergence yang belum terkonfirmasi, sehingga dapat dijadikan acuan sementara untuk mengambil keputusan trade hari ini.

XAUUSD H1

Jika dilihat dari frame daily, XAU/USD sedang menghadapi resistant pada area kisaran 1270-1274 yang sangat memungkinkan koreksi jika gagal menembus area tersebut, ditambah lagi kemunculan Hidden Divergence di frame H1 yang mana jika telah valid dan terkonfirmasi akan memperkuat pertimbangan bahwa pair ini akan korektif untuk sementara waktu. Melihat opportunity yang ada, maka skenario yang dapat dipakai untuk acuan trade kali ini adalah SELL.

Beberapa skenario dan acuan yang dapat digunakan sebagai entry poin adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan harga saat ini yang berada pada level 1268. Hidden Bearish Divergence bisa dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan trade kali ini. Namun untuk eksekusinya sebaiknya tunggu konfirmasi kevalidan divergence tersebut. Lihat price action yang ada, perhatikan indikator teknikal lainnya! Jika terkonfirmasi, bearish divergence tersebut didukung dengan indikator yang sejalan sehingga harga dapat menembus level 1265.48 dan stabil bergerak di bawahnya, maka posisi sell bisa dibuka dengan target terdekat di area 1261.12 dan 1256.58. Stop level dapat ditempatkan beberapa poin di atas swing high terdekat.
  2. Sebagai alternatif, jika ternyata harga malah bergerak naik atau bahkan terkonfirmasi dan stabil bergerak di atas level 1271 sehingga menggagalkan skenario awal, maka posisi buy dapat dibuka. Karena posisi buy yang aman hanya bisa dibuka di atas level tersebut. Penembusan level resistant tersebut akan membawa logam ini kembali naik ke area resistan selanjutnya di 1276.92. Namun, ini hanya berlaku jika skenario alternative ini benar-benar valid dan terkonfirmasi!

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi!

Have a Good Trade!

R3 : 1288.3
R2 : 1276.92
R1 : 1271
Pivot : 1265.48
S1 : 1261.12
S2 : 1255.67
S3 : 1250.3

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.