Pola Gartley Sinyalkan Puncak EUR/USD, Awasi Peluang Reversal Bearish

Komplitnya pola harmonik Gartley Bearish mensinyalkan peluang tinggi bagi EUR/USD untuk bersiap melorot dari puncaknya. Awasi kemunculan sinyal-sinyal Bearish lanjutan.

iklan

FirewoodFX

iklan

Advertisement
  • Prakiraan EUR: jenuh beli, memasuki masa konsolidasi.
  • Prakiraan USD: tertekan oleh pasar.
  • Prakiraan EUR/USD: telah mencapai puncak, berpotensi reversal Bearish.

 

Analisa Fundamental

Dolar AS masih berada di bawah tekanan pasar pasca rilis data ketenagakerjaan yang mengecewakan minggu lalu. Ditambah lagi, notulen FOMC dan implementasi bea impor AS semakin membebani nilai tukar Greenback terhadap sekumpulan mata uang lain. Intinya, pasar mulai mempertanyakan kekuatan ekonomi AS untuk menunjang laju inflasi.

Laju inflasi adalah salah satu komponen penting bagi bank sentral AS (the Fed) untuk menaikkan suku bunga. Mengingat laporan rilis NFP minggu lalu diikuti dengan upah rata-rata dan tingkat pengangguran yang mengecewakan, pasar mulai ragu dengan kemungkinan the Fed untuk menaikkan suku bunga secara agresif (hingga dua kali lagi) di paruh kedua tahun ini.

Di sisi lain, pidato Mario Draghi kemarin tidak menyinggung kelanjutan tapering ECB. Hal tersebut ditanggapi pasar sebagai Dovish, dan berpeluang untuk menekan Euro dari puncaknya.

 

Analisa Teknikal EUR/USD (H4)

 

eu h4

 

Pair EUR/USD diprediksikan akan berbalik arah menurun dari puncaknya sesuai dengan sinyal-sinyal Bearish berikut:

  • Menurut analisa sebelumnya, EUR/USD diproyeksikan untuk meneruskan pola harmonik Gartley. Setelah pola harmonik tersebut komplit terbentuk, maka tren mendaki berpotensi besar untuk mencapai puncaknya, lalu berbalik arah menurun. 
  • Lingkaran kuning menunjukkan formasi candlestick bearish. Kemunculan barisan candle-candle Bearish setelah candle Doji menunjukkan upaya Seller untuk mulai mendominasi.
  • Dari sisi indikator MACD, terjadi perpotongan antara Histogram (garis MACD) dengan garis sinyal (garis merah) yang membentuk Descending Crossing. Artinya, momentum Uptrend mengalami pelemahan dan berpotensi besar untuk memasuki kondisi Overbought, sehingga harga berpeluang tinggi menurun.

 

Saran Pembukaan Posisi

Skenario Posisi Short (Sell)

  • Entry: 1.17500
  • TP: 1.16450 (plus 105 pip)
  • SL: 1.17850 (minus 35 pip)

Anda dapat membuka posisi dengan Sell instan atau menunggu harga sampai mendekati level Entry dengan Pending Order. Setelah membuka posisi, perhatikan pergerakan harga terhadap MA 50 dan 20. Bila terjadi perlawanan dari Buyer pada level-level yang di sekitar garis-garis MA tersebut, pertimbangkan untuk menutup posisi.

Posisi disarankan untuk tidak ditahan lebih dari 24 jam atau sampai terjadi pergantian hari pada server broker Anda. Semakin lama posisi ditahan, maka resiko akan semakin membesar.

Setting rasio Risk/Reward pada posisi ini adalah 3RR. Gunakan trailing stop auto atau manual (15 pips atau 150 points) untuk mengamankan posisi. Gunakan pula kalkulator MM agar manajemen modal teratur dan posisi tidak over lot.

Disclaimer On

 

Update Posisi 11 Juli 2018

Harga pasangan mata uang EUR/USD kemarin sudah ter-Trigger dan sekarang sedang Running Profit sejauh 40 pips. Tadi malam, harga sempat menyentuh keuntungan sebesar 60 pips sebelum kembali naik untuk melakukan Pullback. Diprediksi, hari ini harga akan berusaha meneruskan perjalanan turunnya, karena hawa penurunan terasa makin kuat di time frame H1 dan H4. Namun, tetap perhatikan tanda-tanda yang muncul dari beberapa pola Candlestick reversal. Jangan lupa untuk memasang trailing stop untuk mengamankan posisi.

 

update-posisi-eur-usd

Arsip Analisa By : Sf Red Team

Bagaimana reaksi Anda tentang analisa ini?

SF Red Team adalah kolaborasi analis Seputarforex dengan master Price Action, Ahmed Sar. Rutin menyuguhkan analisa harian dengan Timeframe H1-H4 yang dikhususkan untuk Intra-Day Trading menggunakan pola Candlestick, Chart Pattern, pola Harmonik, serta Elliot Wave.