Powell Diprediksi Tak Siarkan Kejutan, Pasar Fokus Resolusi Dagang

290925

Pertengahan pekan ini, Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan berbicara di hadapan senat mengenai kebijakan moneter. Namun, pasar tampaknya lebih memperhatikan perkembangan isu dagang ketimbang event tersebut.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Jika diuraikan satu per satu, rilis data minggu ini memiliki signifikansi yang berbeda-beda dan menarik untuk disimak. Data Retail Sales AS, Indeks Manufaktur New York, dan Industrial Production bisa menjadi input krusial untuk memformulasikan outlook jangka pendek The Fed.

Mempertimbangkan data Payroll terakhir yang positif, Retail Sales seharusnya menunjukkan performa yang menjanjikan, begitu pula dengan data-data dari sektor pabrikan. Oleh karenanya, tak heran bila forecast pasar untuk indeks manufaktur New York mengestimasikan kenaikan. Namun, Industrial Production justru diperkirakan jatuh karena output manufaktur yang lesu.

Sementara itu, testimoni Powell terkait outlook ekonomi kemungkinan besar tidak akan banyak berubah dari pernyataannya pasca pertemuan FOMC terakhir. Menurut AxiTrader, ia akan menekankan bahwa kebijakan longgar sejauh ini telah cukup membantu perekonomian domestik dan mengantisipasi risiko eksternal dari perlambatan ekonomi global.

Namun, pemangkasan suku bunga 75 bps masih akan memerlukan waktu untuk menampakkan pengaruhnya. Mengingat rilis data pasca rapat FOMC terakhir cenderung solid, Powell tak diragukan lagi akan mengulang pernyataan bernada serupa, dimana para pembuat kebijakan perlu melakukan pengkajian materiil sebelum bisa mempertimbangkan Rate Cut lagi.

Pejabat Fed lain yang dijadwalkan berpidato minggu ini, diperkirakan turut menyinggung perkembangan pembicaraan dagang AS-China. Namun secara garis besar, sentimen mengenai katalis fundamental ini cenderung positif, dengan pemerintah AS yang berupaya menghindari eskalasi konflik lebih lanjut, baik dengan China maupun Uni Eropa.

 

Proyeksi Mingguan USD/CNY

Setelah menetap dalam range 200 pips selama hampir 2 bulan terakhir, penyesuaian rate CNY akhirnya mulai menunjukkan tanda perubahan. Meredanya penyesuaian USD/CNY dalam seminggu terakhir bisa menjadi indikasi bahwa para pembuat kebijakan di Negeri Tirai Bambu tak terlalu terganggu dengan apresiasi Yuan. Hal ini membuat Renminbi bisa menunjukkan euforia-nya terhadap optimisme dagang dengan lebih leluasa.

Kekhawatiran pasar terhadap risiko penurunan Yuan secara drastis dan tiba-tiba pun memudar. Penundaan atau setidaknya pengangkatan sebagian tarif impor oleh Trump bukan lagi kemungkinan yang terlalu jauh, mengingat Presiden AS tersebut juga memiliki kepentingan politik yang terhubung dengan kondisi pasar pasca terwujudnya kesepakatan dagang.

AxiTrader memperkirakan jika USD/CNH berpeluang turun menyentuh 6.9, mengingat kebijakan tarif pada masa lalu sukses mendorong harga dari 6.90 menuju 7.10. Proyeksi ini akan semakin kuat jika rencana kenaikan tarif Oktober dan Desember jadi dibatalkan.

USDCNH

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan.

Arsip Analisa By : AxiTrader
Apakah Anda melihat tampilan halaman, banner, tools, dll muncul internet positif?
Besar kemungkinan akses internet telah terblokir. Silakan baca disini untuk membukanya

AxiTrader merupakan broker yang beroperasi di bawah perusahaan AxiCorp Financial Services Pty Ltd (AxiCorp). Broker ini berupaya menyajikan layanan trading kredibel dengan fitur VPS gratis di semua akun.

Pair Rate    
AUD/JPY 74.28 74.28 -2
AUD/USD 0.6841 0.6841 9
EUR/CHF 1.0951 1.0951 -10
EUR/USD 1.1060 1.1060 -44
GBP/JPY 142.63 142.63 -49
GBP/USD 1.3137 1.3137 -23
NZD/USD 0.6567 0.6567 20
USD/CAD 1.3256 1.3256 75
USD/CHF 0.9901 0.9901 30
USD/JPY 108.58 108.58 -17
7 Dec 04:59