Program Pemangkasan Pajak Berpotensi Picu Inflasi, Dollar Melemah

Lantaran pelemahan Dollar, Emas bergerak menguat kembali hingga level Resisten Daily pada 1265.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas naik untuk sesi keempat berurutan pada hari Senin awal pekan ini, karena dipicu oleh program pemangkasan pajak yang membuat investor berspekulasi bahwa tekanan inflasi akan meningkat terkait pajak yang lebih rendah.

Kenaikan logam mulia ini telah membukukan keuntungan baru pada pekan ini. Emas berjangka mencatatkan keuntungan sebesar $8, atau 0.6%, untuk menetap di $1265.50 per ons.

Selain itu, emas berjangka menguat pada hari Senin juga disebabkan oleh Indeks Dollar yang tergelincir. Perlahan-lahan logam kuning tersebut meraih kenaikan mingguan pertama dalam sebulan terakhir pada pekan lalu. Dollar tergelincir terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya, dengan Indeks ICE Dollar turun 0.3% pada level 93.70. Sementara itu, ada optimisme program pajak dari Partai Republik akan disetujui sebelum Natal esok.

 

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1260. Emas bergerak menguat kembali hingga 1265 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Perhatikan chart H1 di atas. Secara teknikal, terlihat pada grafik tersebut bahwasannya market logam kuning ini kembali begerak bullish. Meskipun pergerakan tersebut tidaklah terlalu signifikan, karena harga pada grafik Daily masih terlihat bias bearish. Selain itu, level resisten 1263.14 juga belum mampu dilalui pada grafik Daily tersebut. Sehingga, bias pada chart Hourly cenderung bullish pasca naiknya suku bunga The Fed, meskipun bias utama pada chart Daily masih berpeluang bearish. Dengan demikian, bias untuk acuan trade kali ini adalah BULLISH MINOR.

Adapun scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poinT adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Buy berada pada level resisten 1263.14. Level resisten daily ini berperan penting menjelang pergerakan selanjutnya. Jika harga kembali naik hingga berada di sekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka harga akan melanjutkan rally-nya. Cari peluang Buy jika harga telah menembus level tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali menguat setidaknya hingga 1267.72. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level 1257.10 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini. Jika harga menembus area tersebut dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah kembali setidaknya hingga 1252.78. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1274.43
R2    : 1267.72
R1    : 1263.14
Pivot    : 1260.14
S1    : 1257.10
S2    : 1252.78
S3    : 1246.12

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.