Advertisement

iklan

Prospek Permintaan Suram, Harga Minyak Kian Terpuruk

Prospek permintaan yang suram ditambah belum berakhirnya perang harga antara Arab Saudi dan Rusia membuat harga minyak kian tertekan. Hingga analisa ini ditulis, minyak tengah berada di sekitar level psikologis $20 per barel.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Harga minyak terus merosot di tengah suramnya prospek permintaan minyak akibat wabah virus Corona. Menurut jajak pendapat Reuters, permintaan minyak global diperkirakan akan menyusut 15 juta hingga 20 juta barel per hari. Kondisi ini dipicu oleh semakin banyaknya negara yang memberlakukan dan memperpanjang lockdown guna membatasi penyebaran virus COVID-19.

Selain itu, anjloknya harga minyak juga dipengaruhi oleh perang harga Arab Saudi-Rusia. Kedua negara dikabarkan belum menunjukkan tanda-tanda akan mengurangi pasokan minyak. Di tengah kemerosotan harga minyak saat ini, salah seorang delegasi mengatakan kepada Bloomberg bahwa negara-negara anggota OPEC (termasuk di antaranya adalah Arab Saudi) menentang untuk mengadakan panel darurat mengenai anjloknya harga minyak.

 

Analisa Teknikal

Di Tengah Suramnya Prospek Permintaan,

Harga minyak kembali anjlok ke sekitar level psikologis $20 per barel. Indikator MACD kembali bergerak di bawah zero line; mengindikasikan bahwa tren pergerakan harga minyak sedang bearish. Namun, pergerakan harga yang cenderung tertahan di sekitar level $20 diperkirakan dapat mendorong harga ke atas area Resistance 21.84-22.99 terlebih dahulu, sebelum akhirnya kembali turun ke sekitar level psikologis $20 atau lebih rendah.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 21.84-22.99
  • Take Profit: 20.49
  • Stop Loss: 24.35
Arsip Analisa By : Rama Anandhita
292478

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.