Proyeksi Emas Jelang NFP: Masih Melemah Dalam Koridor Sideways

Emas kembali melemah pada perdagangan Kamis kemarin, dikarenakan para investor dan pelaku pasar menunggu laporan Payroll AS nanti malam.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas kembali melemah pada perdagangan Kamis kemarin, dikarenakan para investor dan pelaku pasar menunggu petunjuk lebih lanjut mengenai suku bunga The Fed dan laporan Payroll AS nanti malam. Pelemahan yang terjadi semalam, memperpanjang kerugian dalam pekan ini.

Sementara itu saham AS yang menjadi ukuran kekuatan greenback berada pada zona hijau. Saham AS berakhir pada hari Kamis berada di zona hijau, menambah serangkaian rekor menyusul berkembangnya harapan seputar reformasi pajak yang dapat memberikan dorongan lebih lanjut terhadap aset yang dianggap berisiko seperti saham. Bursa saham AS dibuka naik tipis pada hari Kamis, namun cukup untuk membukukan level rekor baru, dengan investor membeli saham teknologi, serta mencermati pidato dari beberapa pejabat Federal Reserve dan laporan pekerjaan utama pada hari Jumat.

Dow Jones Industrial Average ditutup naik 114 poin, atau 0.5%, ditutup pada 22,776, sementara indeks S&P 500 naik 14 poin, atau 0.6% pada 2,552, mencatat penutupan keenam berturut-turut, menandai rangkaian rekor penutupan kedelapan tertinggi sepanjang masa sejak 1997, menurut WSJ Market Data Group.
Indeks Nasdaq Composite teknologi ditutup naik sekitar 50 poin atau 0.8% pada 6,585. Saham teknologi dan finansial termasuk di antara sektor dengan kinerja terbaik.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis kembali berada di bawah area 1270 yakni tepatnya pada area 1268.

XAUUSD H1

Posisi emas saat ini berada dekat dengan support penentu pada 1267.83. Sempat menyentuh level 1266 semalam ternyata belum mampu menembus support area 1267.83. Sinyal dan peluang dari indikator teknikal menunjukkan bahwa sentimen saat ini masih dalam keadaan bearish, meskipun untuk saat ini masih dalam koridor sideways. Ditambah lagi dengan kondisi greenback yang semakin berjaya sehingga menambah beban bagi aset safe haven ini.

Dengan demikian, kemungkinan peluang untuk mempenetrasi level support tersebut masih sangat besar. Namun, proyeksi NFP nanti malam yang sekiranya akan diprediksi menurun karena disebabkan serentetan bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu akan membuat dollar terkoreksi untuk sesaat. Maka, waspadai jika harga berada di sekitar level support atau resisten demi terhindar dari false breakout. Oleh karena itu sebelum adanya sinyal ataupun pergerakan yang jelas, maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah masih mencoba posisi Sell. Skenario masih sama dengan analisa sebelumnya yaitu dengan memperhatikan Support area 1267.83 yang akan dijadikan acuan entry point kali ini. Jika level 1267.83 dapat dilewati dengan baik dan diiringi konfirmasi dari price action dan indikator teknikal, maka peluang Sell dapat dibuka. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah menerima konfirmasi dan validitas dari skenario ini. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan turun setidaknya hingga 1263.14. Jika NFP nanti malam dirilis dengan angka di atas perkiraan, maka ada kemungkinan bagi emas untuk turun menuju support terdekat atau bahkan atau bahkan menuju dua support di bawahnya. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Sebagai alternatif, waspadai jika level 1274.92 tertembus. Jika level ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di atasnya, maka ada indikasi bahwa pair ini sedang rebound. Sehingga jika level tersebut tertembus dan terkonfirmasi maka posisi Buy dapat dibuka dengan aman. Dengan kata lain, posisi Buy hanya dapat dibuka di atas level 1274.92. Melewati level ini akan membawa XAU/USD ke level 1281.15. Jika NFP nanti malam dirilis dengan angka di bawah perkiraan, maka kemungkinan untuk menuju resisten terdekat sangat kuat atau bahkan dapat melampauinya resisten selanjutnya. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1289.32
R1 : 1281.15
Pivot : 1274.92
S1 : 1267.83
S2 : 1263.14
S3 : 1257.20
*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.