Range Pergerakan Semakin Terbatas, Emas Tunggu Momentum Breakout

Harga emas masih sideways, namun ada beberapa peluang entry untuk trade hari ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Logam kuning kembali melemah pada awal perdagangan Rabu Kemarin. Logam mulia ini kembali menyentuh level harga 1270 seiring penguatan dollar. Pasar finansial, baik pasar saham maupun logam, diperdagangkan hati-hati di tengah ketidakpastian seputar siapa yang nantinya akan memimpin bank sentral AS dan korelasinya terhadap suku bunga nantinya.

Emas untuk pengiriman Desember merosot 4.60 basis poin atau 0.4% menjadi 1270.95 per ons. Seperti yang dikemukakan oleh FactSet, hasil akhir pada level ini akan menandai titik terendah sejak pekan pertama Oktober, sedangkan SPDR Gold Trust turun 0.3% premarket.

Namun, hasil akhir pada penutupan pasar menunjukkan bahwa instrumen emas membukukan sedikit keuntungan harian. Hal ini disebabkan oleh terkoreksinya indeks dollar AS. Indeks ICE Dollar AS turun 0.1% di level 93.644, mendekati level harian terendah di 93.608. Sehingga dengan demikian, harga emas naik tipis hingga kisaran 1279 pada penutupan Rabu kemarin tetapi masih berada pada jalur merah semenjak 6 Oktober lalu.

Sementara dari sisi teknikal, emas masih bergerak dalam range yang sempit. Seperti tampak pada chart Daily berikut ini, harga emas masih tertahan oleh level Fibonacci Retracemant pada area 1281.15, sehingga menyebabkan harga masih berada pada area tersebut.

Pola ranging ini semakin dipersempit oleh keberadaan trendline resisten (blue trendline) dan trendline support (pink trendline) sehingga makin membatasi pergerakan logam kuning ini. Hal ini mengisyaratkan bahwasanya emas sedang menunggu momentum breakout untuk dapat kembali bergerak dengan leluasa. Dengan kata lain, sebelum terjadinya breakout, maka akan terjadi pergerakan dengan range yang semakin kecil.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1278. Pergerakan yang dihasilkan pada Rabu kemarin membuat logam kuning ini masih berkonsolidasi hingga level 1279.

XAUUSD H1

Hingga saat ini, harga sedang berada dalam zona ranging (pink area) kembali. Harga masih tertahan oleh support pada grafik per-jam-an pada 1274.72 dan belum mampu mempenetrasi level resisten dikarenakan greenback yang masih kokoh. Dengan demikian, dari sisi teknikal pergerakan emas saat ini tertahan oleh level support dan resisten, sehingga menyebabkan pergerakan yang sempit.

Hal ini juga didukung dengan keadaan fundamental saat ini, yang mana para investor kini sedang dilanda kecemasan mengenai siapa yang akan memimpin bank sentral beserta kebijakan-kebijakannya untuk suku bunga. Sehingga, mereka cenderung berhati-hati jika berada dalam pasar finansial baik pasar saham maupun pasar logam. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, berikut ulasannya:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1279. Sama seperti ulasan sebelumnya, yaitu membuka peluang Sell pada support 1274.72. Peluang Sell dapat dicoba pada sekitar level support tersebut. Sehingga untuk eksekusi SELL, sebaiknya tunggu harga telah berada di bawah level 1274.72 dan terkonfirmasi. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah level tersebut dilalui dengan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action yang ada. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan menguji level selanjutnya pada 1267.83. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Perhatikan juga level resisten pada area 1283.24. Level ini dapat digunakan sebagai acuan level entry Buy kali ini. Berdasarkan karakteristik pasar XAU/USD kali ini, harga selalu ranging di sekitar area support 1274.72 dan resisten 1283.24. Sehingga untuk menghindari pasar yang sedang ranging yang rentan false signal, maka posisi Buy bisa dilakukan di atas level resisten tersebut. Dengan kata lain, posisi BUY dapat dibuka dengan aman pasca mendapat konfirmasi breakout level 1283.24. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1288.  


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1294.87
R2    : 1288
R1    : 1283.24
Pivot : 1277.88
S1    : 1274.72
S2    : 1267.83
S3    : 1263.14

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Andy
Pagi pak