Advertisement

iklan

Sell CAD/JPY: Potensi Downside Dari Area Supply

Posisi sell diambil setelah terjadi penolakan di area supply Daily dan adanya signal konfirmasi di time frame H4. Level Stop Loss dan Take Profit ditentukan berdasarkan RRR 1:2.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Assalamualaikum dan selamat pagi para pembaca...

Analisa ini menggunakan metode Trend, Level, Signal atau disingkat TLS dengan menggunakan Data Positioning dari Commitment of Traders (CoT). Untuk metode TLS, trend dilihat di time frame Weekly, level di time frame Daily, dan signal di time frame H4. Analisa ini juga dilengkapi dengan tinjauan fundamental dan sentimen pasar. Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih detail.

 

CAD/JPY Weekly: Trend Turun

Pada grafik Weekly, trend yang sedang berlangsung adalah Downtrend; ditunjukkan oleh Top dan Bottom yang semakin rendah dari sebelumnya. Posisi sell akan kita ambil karena sejalan dengan arah trend. Selain itu, kita perhatikan juga Data Positioning dari CoT yang sudah diolah dalam bentuk grafik untuk melihat pergerakan uang (smart money) dari non-commercials (hedge fund, institutions).

CAD/JPY Weekly

 

Data Positioning (CoT CAD Dan JPY)

CoT Pos CAD

CoT Net Pos CAD

CoT Pos JPY

CoT Net Pos JPY

Dari Data Positioning di atas, terlihat CAD melemah dan JPY menguat. Pelemahan CAD dan penguatan JPY sama-sama signifikan. Pertama, net positions CAD melemah sebesar -7,633 dari -1,990 menjadi -9,623, sedangkan JPY menguat sebesar +24,778 dari 8,157 menjadi 32,935. Hal ini sejalan dengan Price Action di market dimana harga CAD/JPY sempat jatuh pada Selasa-Rabu, dan naik kembali pada hari Kamis-Jumat.

 

Fundamental

Secara fundamental, pelemahan CAD/JPY didorong utamanya oleh tiga hal:

  1. Peluang pemotongan suku bunga lanjutan oleh BoC untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah perlambatan perekonomian global.
  2. Terus menurunnya harga Crude Oil secara signifikan.
  3. Di tengah ketidakpastian global dan sentimen risk-off, JPY sebagai salah satu aset safe-haven memiliki permintaan yang terus naik.

Dengan demikian, posisi sell CAD/CHF yang akan kita lakukan sejalan dengan analisa sentimen dan fundamental. Langkah selanjutnya kita perhatikan time frame Daily untuk melihat area sell.

 

CAD/JPY Daily: Level Supply 77.00-77.89

Pada grafik Daily, area sell berada di area Supply 77.00-77.89. Harga sudah memasuki area Supply dan sudah terdapat penolakan di area ini. Dengan demikian, maka kita sudah bisa melakukan sell di time frame H4.

CAD/JPY Daily

 

CAD/JPY H4: Penolakan Terjadi Di Area Supply, Sell Setelah Konfirmasi Top

Pada grafik H4, posisi sell diambil di harga 76.41 setelah adanya penolakan di time frame Daily. Stop Loss ditempatkan 5 pips di atas area Supply di harga 77.94, sementara Take Profit di harga 73.35.

CAD/JPY H4

 

Posisi Sell CAD/JPY

  • Entry: 76.41
  • Stop Loss (SL): 77.94 (153 pips)
  • Take Profit (TP): 73.35 (306 pips)

 

Perhatian:

  1. Selalu gunakan Money Management yang baik (1-2% risiko per transaksi)
  2. Geser SL ke harga entry ketika harga telah mencapai rasio risk/reward 1:1.
  3. Close posisi segera mungkin (emergency exit) apabila harga membentuk candlestick reversal (engulfing, piercing line, long shadow) yang berlawanan dengan arah posisi pada time frame Daily.
  4. Close sebagian (50%-70% dari volume awal) apabila harga mencapai TP.

 

Update 26 Maret 2020

CAD/JPY Daily

CAD/JPY H4

Posisi sell ditutup diharga 76.92 (-51 pips) setelah candlestick Daily ditutup bullish.

Arsip Analisa By : Rizki Rosadi
292394

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.