Teknikal Emas Stabil Di Area Fibo 50%

Dalam sudut pandang teknikal, emas kini sedang berada dekat dengan level support penentu. Perhatikan pergerakan harganya di chart Daily dan Hourly.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas sebagian besar stabil pada perdagangan Kamis kemarin dan membukukan penutupan yang baik setelah menyentuh level terendah enam minggu.

Harga logam mulia ini bergerak stabil pada hari Kamis setelah Depnaker AS mengatakan klaim pengangguran awal mingguannya meningkat sebesar 12.000 menjadi 272.000 pada minggu ini sampai Sabtu, sejalan dengan perkiraan sebelumnya. Sedangkan ekspektasi konsensus yang disusun oleh berbagai organisasi berita menyerukan klaim awal di sekitar 270.000 sampai 275.000. Pemerintah merevisi penghitungan minggu sebelumnya menjadi 260.000 klaim dari 259.000 yang disebutkan dalam laporan awal.

Sementara prospek saham AS yang juga mempengaruhi lajur pergerakan greenback dibuka melemah pada hari Kamis karena investor terus mengkaji prospek rencana perubahan pajak. Data ekonomi sebelum bel pembukaan sebagian besar muncul seperti yang diharapkan, memberikan sedikit insentif untuk mendorong kenaikan. Seperti yang dilansir dari Marketwatch, Indeks S&P 500 turun 1 poin, atau 0.1% menjadi 2,506. Indeks teknologi Nasdaq Composite turun 12 poin atau 0.2% menjadi 6,439. Dow Jones Industrial Average turun sebesar 29 poin, atau 0.1% menjadi 22,311 di sesi pembukaan. Di tengah kinerja terburuk di S&P 500, Accenture Plc turun lebih dari 2% saat pembukaan.

Dalam sudut pandang teknikal, emas kini sedang berada dekat dengan level support penentu. Perhatikan chart Daily berikut ini. 

XAUUSD Daily

Logam ini kini sedang dekat dengan level Fibonacci Retracement 50% pada 1281.15. Peluang untuk menguji dan mempenetrasi level tersebut sangatlah besar melihat keadaan teknikal dan fundamental saat ini. Dengan demikian, dalam jangka waktu pendek hingga menengah, logam kuning ini sepertinya masih tertahan di area tersebut, sebelum menemukan jawaban apakah level tersebut mampu ditembus untuk dapat melanjutkan pergerakan bearish atau malah akan terjadi rebound kembali pasca ketidakmampuannya menembus level fibonacci retracement ini.

Meskipun dari segi teknikal dan fundamental memiliki sentimen bearish untuk logam ini sehingga besar kemungkinan untuk dapat melewati level tersebut, namun penulis juga tidak menutup kemungkinan jika nanti akan terjadi rebound harga saat tertolak (rejected) dari level retracement tersebut.

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. XAU/USD kini saat analisa ditulis berada di area 1287. Setelah sempat menyentuh harga terendahnya selama enam minggu semalam, pair logam mulia ini kembali bergerak di atas area 1280. Meskipun demikian, harga bergerak masih dekat dengan level support penentu pada 1281.15.

XAUUSD H1

Pada closing candle kemarin, nampak bahwa telah terjadi upaya penetrasi level tersebut, namun terjadi perlawanan, sehingga menyebabkan logam ini terpantul kembali. Meskipun demikian, melihat tekanan dari sisi teknikal pada timeframe Daily yang masih menunjukkan sentimen bearish dan dari segi fundamental juga memiliki sentimen bearish bagi emas, maka besar kemungkinan untuk pair ini menguji dan mempenetrasi level 1281.15 kembali.

Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dipakai untuk acuan trade hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah dengan mencoba posisi Sell. Perhatikan harga saat ini di sekitar area 1287 dan juga level 1284.45 yang akan dijadikan acuan entry kali ini. Jika pair ini mendapatkan tekanan hingga menembus level 1284.45 dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya, maka posisi Sell dapat dibuka kembali. Posisi Sell dapat diambil sesaat setelah mendapatkan konfirmasi atas skenario ini. Posisi sell diambil dengan harapan harga setidaknya akan menguji kembali level 1281.15 atau bahkan jika level 1281 dapat dilalui juga maka target kedua berada di level 1274.92. Stop loss dapat ditempatkan di atas swing high terdekat.
  2. Sebagai alternatif, perhatikan level resisten 1289.44. Jika terjadi indikasi untuk logam ini bergerak naik ke atas level tersebut dan terkonfirmasi, maka secara alternatif posisi Buy dapat dibuka. Maka pastikan dahulu level 1289.44 telah terlewati dan terkonfirmasi sebelum entry posisi Buy. Target terdekat untuk posisi ini ada pada 1294.87 dengan penempatan stop loss di bawah swing low terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Gunakan selalu Trailing Stop! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1294.87
R1 : 1289.44
Pivot : 1284.45
S1 : 1281.15
S2 : 1274.92
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.