Tensi AS-Meksiko Mereda, Emas Dilanda Aksi Profit Taking

Harga emas diperkirakan masih berpotensi untuk terkoreksi lebih lanjut dalam perdagangan jangka pendek.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Analisa Fundamental

Reli bullish  emas akhirnya terhenti setelah Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk tidak melanjutkan rencananya mengenai penetapan tarif tambahan terhadap produk impor asal Meksiko.

Sementara itu, adanya spekulasi bahwa The Fed mungkin akan memangkas suku bunganya setelah data NFP AS bulan Mei yang dirilis mengecewakan, mampu memberikan sedikit ruang bagi harga emas untuk tidak anjlok lebih dalam.

Pun pada pidato pekan sebelumnya, Ketua The Fed Jerome Powell berusaha meyakinkan pasar dengan menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan apapun demi melindungi ekonomi AS dari ancaman resesi karena konflik perdagangan, serta demi mempertahankan pertumbuhan ekonomi negara Paman Sam tersebut.

 

Analisa Teknikal

Tensi AS-Meksiko Mereda, Emas Dilanda Aksi Profit Taking

Meskipun secara umum tren masih berada di atas SMA 200 (mengindikasikan bullish), tetapi pergerakan harga yang berhasil menembus SMA 50 pada perdagangan sebelumnya, menjadi sebuah indikasi awal bahwa harga emas masih berpotensi untuk terkoreksi lebih lanjut.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 1330.18
  • Take Profit: 1322.71
  • Stop Loss: 1335.29
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.