TINS: Perusahaan Kelas Dunia Dengan Harga Kelas Desa

Tahun 2018 ini, saham-saham sektor pertambangan menggeliat naik. Diantaranya PT Timah Persero (TINS). Apakah ini berarti saham TINS layak dibeli?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Tahun 2018 adalah masa ketika komoditi-komoditi pertambangan dan energi sedang berada dalam siklus yang tinggi. Hal ini menguntungkan bagi beberapa emiten yang harga sahamnya sangat sensitif terhadap harga bahan bakunya, diantaranya PT Timah Persero Tbk (TINS). Apakah ini berarti saham TINS layak untuk dibeli? Simak dulu ulasan analisa fundamental mengenai harga wajar TINS berikut ini

PT Timah Persero

Performa TINS adalah sebagai berikut:

PT Timah Persero

 

Dapat kita lihat bahwa pendapatan TINS sejak 2007 hingga kini naik turun di area antara 6,239,237 – 9,053,082. Begitu pula dengan ekuitasnya yang tidak bertumbuh secara signifikan, cenderung naik turun tidak stabil dengan laba bersih naik turun drastis setiap tahunnya. Dari sini dapat disimpulkan TINS bukanlah saham growth investing. Namun, mari kita tengok laba bersihnya.

Dapat kita lihat laba bersih TINS sejak tahun 2015 (yang merupakan tahun dimana harga timah dunia sedang berada pada level paling murah selama 10 tahun terakhir) hingga hari ini 2018. Dalam tiga tahun saja, laba bersih TINS terus merangkak naik hingga 5 kali lipat! Hal ini dikarenakan harga timah dunia yang terus membaik.

Mari kita cermati pergerakan harga saham TINS dengan harga timah futures CFD di London Metal Exchange;

 

Pergerakan Harga Saham TINS vs Harga Timah Futures CFD 

(Ket: TINS (Candlestick), Timah CFD (line chart biru))

PT Timah Persero

 

Dari grafik di atas, dapat kita lihat bahwa harga saham TINS seiring sejalan dengan harga timah dunia.

Sebenarnya hal ini sangat disayangkan, karena harga saham TINS terlalu senstif terhadap bahan bakunya. Namun, sebenarnya kita dapat memanfaatkan hal ini untuk ikut merasakan kenaikan harga timah dunia dengan membeli saham TINS dan melepasnya di saat harga timah dunia melemah.

 

Perhitungan Harga Wajar Saham TINS

  • Last Price: Rp 1060
  • Jumlah Saham Beredar: 7,447,753,455
  • EPS: 67.37
  • EPS annualized: 89.82
  • PE: 15.73
  • PE annualized: 11.801
  • CAGR Laba Bersih 3 tahun (2015-2017): 70.30%
  • PEG 3 tahun: 0.17
  • Harga Wajar TINS: Rp 6235

(Catatan: Harga wajar TINS akan dapat tercapai dengan syarat harga timah di London Metal Exchange terus meninggi. Hal ini disebabkan sensitivitas harga saham TINS dengan harga timah dunia.)

Arsip Analisa By : Shanti Putri

Shanti Putri adalah seorang investor agresif mandiri yang merupakan mantan broker di sebuah sekuritas ternama, terutama berkecimpung di dunia saham. Dalam berinvestasi, Shanti melakukan analisa sebelum membeli dan melakukan Averaging selama fundamental masih berada di jalurnya. Sebuah kutipan dari Sun Tzu menjadi panduannya, 'Know yourself, know what you face then you will win in a thousand battles.'



Aditya Pamungka
Ibu mohon maaf ,dengan perhitungan harga wajar sampai dengan 6000,analisa ibu dengan Target segitu ,harga timah dunia berkisar berapa ya ?