Trade On News: Euforia Terpilihnya Erick Thohir Sebagai Ketua Timses Jokowi

Harga saham perusahaan - perusahaan Erick Thohir melejit setelah ia ditunjuk untuk jadi ketua Timses Jokowi. Ini merupakan peluang baik untuk Trade on News.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Sejak resmi ditunjuk sebagai Ketua Tim Sukses Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019, harga saham perusahaan Eric Thohir; PT Mahaka Media (ABBA) melejit dalam beberapa hari terakhir. Tanggal 9 September 2018, Erick resmi dinyatakan sebagai Ketua Timses Jokowi; tak perlu menunggu lama, esok paginya tanggal 10 September 2018, saham ABBA langsung menguat 34% ke Rp67 per lembar saham (ARA). Sampai tanggal 14 September, ABBA terus bullish hingga menyentuh Rp145 per lembar saham. Nampaknya, ada antusiasme tersendiri dari para pemegang saham kepada Erick Thohir. Siapakah beliau?

 

Erick Thohir

 

Erick Thohir ramai diperbincangkan belakangan ini setalah perhelatan Asian Games sukses di tangannya. Sebelumnya, ia resmi membeli dan menjadi pemilik klub Inter Milan yang berbasis di Italia dari pemilik sebelumnya Massimo Moratti.

Erick adalah pebisnis media dan klub olahraga yang sukses. Ia merupakan pemilik dari Mahaka Group. Untuk bisnis surat kabar, Grup Mahaka memiliki Sin Chew Indonesia dan Republika (kode saham: ABBA), sementara untuk media siar, Grup Mahaka Miliknya memiliki JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio (kode saham: MARI). Selain di bidang media, Erick juga memiliki usaha di bidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web. Ia juga pendiri dari organisasi amal "Darma Bakti Mahaka Foundation" serta menjadi Presiden Direktur PT. Intermedia Capital Tbk (MDIA) yang mengelola stasiun televisi ANTV. Perusahaan tersebut sukses ditangani Erick dan pendapatan dari iklan meningkat dan berkontribusi signifikan kepada induk usahanya, yaitu PT VIVA Media Asia Tbk (kode saham: VIVA) dan Beyond Media.

Di bidang olahraga, ia menyukai olahraga basket, sehingga mendirikan klub Bola Basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. Lalu pada tahun 2013, ia membuat gebrakan dengan menguasai 70% saham klub sepakbola asal Italia, yaitu Inter Milan senilai 350 juta Euro atau setara dengan Rp5.3 Triliun. Lalu di tangannya pula lah Asian Games berhasil memukau mata dunia menjadikannya salah satu perhelatan yang paling sukses yang pernah ada di Indonesia.

Tangan dingin Erick Thohir dalam meramu keberhasilan dilirik oleh Joko Widodo dan mengantarkanya menjadi ketua Tim Sukses dalam Pemilihan Presiden 2019 bagi kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Memang benar adanya bahwa terpilihnya Erick menjadi ketua timses bukan jaminan bahwa semua perusahaan di bawah Erick akan serta merta melejit labanya, namun euphoria para pemegang saham sungguh tak terelakkan. Hal ini mencerminkan bahwa banyak investor yang optimis dengan anggota koalisi di kubu Jokowi.

Penulis tidak bermaksud memihak siapapun di sini. Namun, penulis mencermati bahwa kita bisa melirik beberapa saham yang layak untuk diperhatikan untuk melakukan trading beberapa hari ini ke depan, memanfaatkan euphoria investor terhadap terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Timses terhadap saham-saham di bawah manajemen Erick Thohir; yaitu ABBA (sudah naik banyak dan sudah masuk daftar Unusual Market Activity/UMA), VIVA, MARI dan MDIA.

Arsip Analisa By : Shanti Putri

Shanti Putri adalah seorang investor agresif mandiri yang merupakan mantan broker di sebuah sekuritas ternama, terutama berkecimpung di dunia saham. Dalam berinvestasi, Shanti melakukan analisa sebelum membeli dan melakukan Averaging selama fundamental masih berada di jalurnya. Sebuah kutipan dari Sun Tzu menjadi panduannya, 'Know yourself, know what you face then you will win in a thousand battles.'



Jaya Tomo
Ane sudah cuan td di saham MDIA & VIVA. Untuk VIVA ane beli lagi tadi 136, target bisa ke 160-170, tergantung MDIA bisa gak ke 250?
Shanti
Viva kan lagi diem di support jg. 175 bisa deh. Viva kan induknya Mdia jg. Mdia moncer, viva nya keseret dong.
Jaya Tomo
Wuih keren dibls admin seputarforex. MDIA moncer stlh Lapkeu Full Year 2015, gara2 MAHABARATA, JODHA AKBAR & ASHOKA. Ditambah dgn live show. Tp hati2 shm MDIA sdh pernah STOCKSPLIT 1:10 dibln Juni 2017. Artinya shm bernilai Rp 1.690 (naik brp persen tuh saat IPO di Rp 1.380). U/ saham VIVA selain dia membentuk Double Bottom, dia jg harus tutup "ekor atas" diharga Rp 156. Target dr Double Bottom kira2 Rp 17x. Scr FA Lapkeu induknya parah bgt. Ini krn momentum Erick Thohir jd Ketua Timses. Ntar pas 2019 PrabowoSandiMenang baru shm SRTG & MPMX naik.
Shanti
Bener mas. Kita doakan saja siapapun yang menang semoga dunia investasi Indonesia makin menarik. Banyak yg optimis sama Erick soalnya Asian games lancar jaya di tangannya. Abba yg masih merugi aja naik ampe skrg suspend dibuka pun masih naik hanya karena nama Erick Thohir. Yah begitulah, untuk jangka pendek bisa dimanfaatkan tuh. Untuk jangka panjang entry buy skrg blm bisa deh, tunggu hasil pilpres dulu.
Muhammad Muslim
Admin,, untuk saham ADRO gimana prospek nya ? Saya pemula, jadi masih bingung saham apa yang mau di koleksi., Thanks atas saran nya.