USD/CAD Sideways Pada Downtrend Channel, Prioritaskan Peluang Bearish

USD/CAD menampakkan konsolidasi pada lintasan harga menurun, karena itu peluang Sell harus lebih diutamakan.

iklan

acy

iklan

FirewoodFX
  • Prakiraan USD: berpotensi rebound
  • Prakiraan CAD: jenuh beli
  • Prakiraan USD/CAD: memasuki periode konsolidasi, berpeluang untuk bergejolak

 

Analisa Fundamental

Malam nanti, fokus pasar akan beralih pada pengumuman hasil rapat bank sentral Kanada sebagai penggerak harga paling berdampak tinggi pada malam nanti. Sampai saat ini, pergerakan USD/CAD memang relatif mendatar karena kuatnya ekonomi Kanada di tengah kenaikan harga minyak mentah sebagai salah satu komoditas utama mereka. Di sisi lain, Dolar AS juga masih berpeluang memberikan perlawanan terhadap Dolar Kanada karena minat resiko pasar masih tinggi terhadap kemungkinan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika (The Fed).

Bila hasil pengumuman BoC dinilai Hawkish oleh pasar, maka USD/CAD kemungkinan akan masih melanjutkan proyeksi tren menurun semenjak akhir Juni tahun ini.

 

Analisa Teknikal USD/CAD (H4)

 

usdcad, h4

 

USD/CAD diprediksikan memiliki tendensi untuk bergerak menurun selama masa konsolidasi sesuai dengan sinyal Bearish berikut:

  • Perhatikan posisi harga relatif terhadap Downtrend Channel (garis merah-merah). Barisan candlestick menampakkan komposisi badan kecil dengan sumbu atas dan bawah yang panjang. Artinya pada level harga terkini, Seller dan Buyer berusaha adu kekuatan sampai salah satu pihak mendominasi.
  • Lingkaran kuning pertama memperlihatkan formasi candlestick Bearish (Evening Star). Candle Bearish setelah candle Doji mengisyaratkan usaha Seller untuk mulai menekan harga pada titik Resistance penting yang ditunjukkan oleh garis MA 50 (garis ungu muda).
  • Lingkaran kuning kedua menyorot terbentuknya Pin Bar Bearish yang mengindikasikan lemahnya upaya Buyer untuk mendorong harga melewati Resistance pada garis MA 50. Perhatikan Closing candle terakhir, jika masih Bearish, maka pertimbangkan untuk membuka posisi Short (Sell).
  • Harga diproyeksikan terus menurun dengan tendensi untuk menyelesaikan calon pola harmonik Bat.
  • Proyeksi gelombang impuls Elliott menyimpulkan bahwa saat ini harga telah berada di puncak titik ke-4, lalu siap meluncur melanjutkan lintasan menurun hingga titik ke-5.

 

Indikator Penunjang

Berikut adalah daftar indikator penunjang untuk pair USD/CAD dengan timeframe H1, H4 dan Daily. USD/CAD menampilkan perubahan dari nilai 6 ke 10, pada angka 10 harga dianggap telah memasuki area Overbought dan berpotensi tinggi untuk menurun.

 

med power, usdcad

 

Saran Pembukaan Posisi

Skenario Posisi Short (Sell)
Entry: 1.31400
TP: 1.30200 (plus 120 pip)
SL: 1.31800 (minus 40 pip)

Anda dapat membuka posisi Sell secara instan atau menunggu sampai harga mendekati level Entry dengan Pending Order. Tunggu konfirmasi sinyal tambahan dari Indikator MACD sampai terjadi crossing negatif antara histogram dengan garis merah.

Posisi disarankan untuk ditahan tidak lebih dari 24 jam atau sampai pergantian hari (Rollover) pada server. Semakin lama Anda menahan posisi, resikonya semakin besar.

Setting rasio Risk/Reward pada posisi ini adalah 3RR. Gunakan trailling stop auto atau manual (15 pips atau 150 points) untuk mengamankan posisi. Gunakan pula kalkulator MM agar manajemen modal teratur dan posisi tidak over lot.

Disclaimer On


Update Posisi 12 Juli 2018

Posisi pada pasangan mata uang USD/CAD mengenai Trailing Stop sebesar 15 pips tadi malam setelah turun dan menghasilkan profit sekitar 90 pips. Hari ini harga pasangan mata uang ini kembali naik dan menyentuh zona invalidasi. Jika Anda masih menahan posisi, sebaiknya pasang SL Anda di atas zona invalidasi di sekitar level 1.32300. Jika harga melewati level tersebut, maka dapat dipastikan bahwa trend harga sudah berpihak kepada Buyer. Tetap perhatikan konfirmasi-konfirmasi Candlestick yang muncul pada time frame H1 dan H4 untuk mengetahui pergerakan USD/CAD selanjutnya.

 

update-posisi-usd-cad

Arsip Analisa By : Sf Red Team

Bagaimana reaksi Anda tentang analisa ini?

SF Red Team adalah kolaborasi analis Seputarforex dengan master Price Action, Ahmed Sar. Rutin menyuguhkan analisa harian dengan Timeframe H1-H4 yang dikhususkan untuk Intra-Day Trading menggunakan pola Candlestick, Chart Pattern, pola Harmonik, serta Elliot Wave.